PT Parna Surya Niaga
PT Parna Surya Niaga

PT Kaltim Parna Industri merupakan sekelompok perusahaan industri dari PT Surya Parna Niaga yang merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang industri petrokimia dengan memproduksi amoniak berbahan baku gas bumi sebesar 1.500 MT/hari.

Perusahaan industri Kaltim Parna Industri dari PT Surya Parna Industri tersebut berada di kawasan Industri PT Kaltim Industrial Estate, Bontang Kalimantan Timur dimana kantor perwakilannya berlokasi tepat di Menara Imperium lantai 12 jalan H.R Rasuna Said Kav 1 kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

PT Surya Parna Niaga yang merupakan perusahaan swasta nasional berdiri sejak tahun 1997 dengan memiliki sejumlah usaha yang bergerak di bidang perdagangan, transportasi serta energi.

Di tahun tersebut perusahaan Parna Raya menggandeng investor luar untuk mewujudkan pendirian pabrik amoniak karena Indonesia saat itu masih mengalami krisis moneter, sehingga di tanggal 12 November 2001 mampu menghasilkan Amoniak pertama sedangkan untuk pengapalannya pada tanggal 1 Desember 2001 sebesar 19.000 MT.

Namun, pada tanggal 31 Oktober 1997 adanya perubahan kepemilikan saham dengan masuknya Asahi Kasei Chemical Corporation, dana pensiunan dari pupuk Kalimantan Timur pada 26 November dan dana pensiunan Nippon Yusen Kabushiki pada 1 September 2004 dan mulai periode 1997 hingga 2013 kepemilikkan saham adalah PT Parna Raya adalah sebesar 25% sedangkan Asahi Kasei 10 %, NYK Line 5% serta Mitsubishi Corporation sahamnya sebesar 50%.

Namun di tanggal 26 Mei 2013 adanya pengalihan saham kepada PT Surya Parna Niaga dengan saham sebesar 90% sedangkan YKHT 5% dan DPPKT 5%. Sehingga KPI (Kaltim Parna Industri) mengalami perubahan komposisi pemilihan saham dan pada tanggal 16 Mei 2017 YKHT dengan saham sebesar 5% dan DPPKT dengan saham sebesar 5% telah mengalihkan semua sahamnya kepada Bapak Marihad Simbolon.

Sehingga terjadinya perubahan kepemilikan saham lagi untuk perusahaan industri yang bergerak di bidang perdagangan yaitu PT Surya Parna Niaga sebesar 90% dan Bapak Marihad Simbolon sebesar 10%. Itulah informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.