resep makanan sehat untuk anak
resep makanan sehat untuk anak

Menyajikan makanan yang sehat, enak dan disukai anak-anak tentunya menjadi keinginan setiap ibu. Akan tetapi anak yang sulit makan sering juga menjadi hal yang cukup mengganggu. Oleh karena itu sebagai orang tua bunda tidak perlu khawatir karena anak-anak milih makanan tertentu saja. Bunda tetap bisa menyajikan menu makanan sehat dengan resep makanan sehat untuk anak menggunakan menu perkedel tahu kulit singkong.

Makanan yang sepertinya sedernaha ini merupakan resep makanan sehat untuk anak karena bahan-bahannya yang alami, dengan nilai gizi yang cukup tinggi seperti dari tahu dan berbagai bumbu yang ada. Untuk membuat makanan ini juga tidak terlalu sulit karena bahannya yang mudah didapat dan pastinya lebih murah. Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara membuatnya berikut ini penjelasannya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Tahu putih ukuran sedang 6 buah
  2. Tepung beras 4 sdm
  3. Kulit singkong 100 gram
  4. Telur 1 butir dikocok
  5. Bawang putih 2 siung
  6. Bawang merah 4 siung
  7. Ketumbar ½ sdt
  8. Kunyit 1 ruas
  9. Minyak goreng secukupnya
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Garam secukupnya

Cara membuatnya pertama-tama kulit singkong di cuci dengan air bersih dan mengalir sampai betul-betul bersih, lalu rebus dalam air mendidih sampai kulit singkong menjadi empuk. Setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Haluskan juga semua bumbu yang ada dan tidak lupa juga tahu. Setelah semuanya halus campurkan semua bahan tadi menjadi satu.

Buat bulatan-bulatan dengan ukuran yang sesuai untuk digoreng, setelah itu masukan dalam kocokan telur yang telah disiapkan sebelumnya. Masukan satu demi satu dan pastikan setiap bagian dari perkedel terlumuri kocokan telur.

Setelah terlumuri secara rata lalu lakukan penggorengan dengan menggunakan api yang sedang. Lakukan penggorengan sampai semua bahan habis dengan kematangan perkedel sudah berwarna kuning kecoklatan. Perkedel tahu kulit singkong pun siap untuk disajikan dan cocok sebagai bekal kesekolah anak-anak.