deterjen ramah lingkungan

Rinso Sebagai Pilihan Deterjen Ramah Lingkungan, dan Alternatif Alamiahnya

Rinso Sebagai Pilihan Deterjen Ramah Lingkungan

Semakin sadarnya manusia sekarang ini terhadap lingkungan hidup membuat banyak bahan-bahan kimia berbahaya di kehidupan sehari-hari banyak diganti. Deterjen misalnya, adalah bagian dari kehidupan manusia yang penting untuk membersihkan pakaian. Jika dulu deterjen banyak mengandung bahan kimia yang bisa meracuni tubuh dan alam, sekarang ini sudah banyak muncul deterjen ramah lingkungan.

Tentu saja, tidak semua deterjen yang dijual bebas sekarang ini sudah memenuhi standar untuk kesehatan maupun kebersihan lingkungan. Kalau pun ada, biasanya deterjen tersebut adalah deterjen yang memang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang bagus. Contohnya saja adalah Rinso. Selama beberapa tahun belakangan ini, Rinso telah berbenah dan menghapus bahan-bahan kimia berbahaya di dalam deterjennya, dan memformulasikan ulang kandungan-kandungan di dalamnya.

Ada alasannya kenapa Anda sebaiknya memilih Rinso sebagai deterjen yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan deterjen yang lain. Alasan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Rinso memberikan rincian daftar bahan yang lengkap yang dipakai di dalamnya, sehingga Anda bebas untuk memeriksa ada tidaknya bahan-bahan berbahaya di dalamnya.
  • Bahan-bahan di dalam Rinso sudah melalui uji kelayakan dari pemerintah yang menjadi standar produk yang aman.
  • Bahan surfaktan yang membuat kotoran gampang terlepas tidak lagi menggunakan bahan beracun, tapi menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan seperti LAS (Linier Alkyl Benzene Sulfonate).
  • Kandungan fosfat di dalamnya juga sudah lebih rendah, sehingga ketika mengalami kontak dengan air, tidak membuat air mengalami eutrofikasi (penambahan zat hara berlebih).
  • Kandungan NaOH di dalam Rinso juga sudah sangat rendah. Jadi Anda tak perlu khawatir tangan Anda terasa panas ketika mencuci menggunakan deterjen ini.
  • Karena tidak mengandung fosfat yang terlalu banyak, busa pun juga akan berkurang. Tapi ini sebenarnya tak berpengaruh pada efektivitas dalam mencuci, dan justru sangat membantu lingkungan hidup.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan berikut sebagai deterjen alami yang juga ramah lingkungan:

  1. Baking soda – membantu mencerahkan pakaian dan perabotan di rumah tangga Anda dengan efektif.
  2. Asam cuka – sangat berguna untuk membuat pakaian Anda menjadi lebih lembut.
  3. Jeruk lemon – buah multifungsi yang sangat berguna untuk membersihkan pakaian, sekaligus membuatnya menjadi lebih putih dan wangi.
  4. Lerak – mengandung saponin di dalamnya yang fungsinya seperti deterjen pada pakaian. Lerak juga aman dipakai untuk memandikan piaraan seperti anjing dan kucing.

Bahan-bahan deterjen ramah lingkungan yang alami di atas bisa menjadi pilihan Anda kalau-kalau Anda mungkin kehabisan Rinso di supermarket atau tidak ada persediaan. Namun kalau pun Anda memilih merk yang lain sekalipun, pastikan bahwa merk-merk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya, dan memiliki komposisi yang mirip dengan Rinso seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.