kalkulator deposito
kalkulator deposito

Melakukan sebuah investasi adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menambah jumlah kekayaan seseorang. Semakin banyak yang anda investasikan, maka semakin banyak pula jumlah keuntungan yang bisa anda dapatkan. Salah satu cara berinvestasi yang cukup populer adalah melalui sebuah produk tabungan deposito. Deposito atau tabungan berjangka merupakan salah satu jenis fasilitas penyimpanan yang umumnya ditawarkan oleh bank.

Perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, dengan semakin tingginya teknologi telah membuat standar hidup menjadi lebih baik, namun juga menambah beban biaya hidup. Untuk itu, memiliki tabungan maupun simpanan yang bisa digunakan di masa depan sangatlah penting seperti halnya deposito. Guna memperoleh keuntungan maksimal, maka anda harus mengenal kalkulator deposito.

kalkulator deposito
kalkulator deposito

Deposito sendiri merupakan sebuah investasi yang bagus untuk para pemula. Karena deposito tidak terpengaruh oleh pergerakan pasar keuangan yang seringkali dipengaruhi oleh kondisi perekonomian nasional maupun global. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang pasti, tak ada salahnya apabila anda memilih deposito sebagai salah satu instrumen untuk menempatkan dana simpanan anda.

Dalam prosesnya, pembuatan deposito terbilang cukup mudah, dimana hampir setiap bank menyediakan layanan produk deposito ini. Deposito menjadi langkah mudah dalam berinvestasi dengan risiko yang terbilang rendah, serta masih menawarkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, kelebihan deposito berikut ini perlu untuk diketahui agar anda bisa melakukan investasi dengan keuntungan yang maksimal.

  1. Memiliki Jangka Waktu

Deposito memiliki jangka waktu penyimpanan yang disesuaikan dengan kesepakatan anda dan pihak bank. Dalam jangka waktu yang telah disepakati tersebut, anda tidak boleh mengambil simpanan yang telah didepositokan di luar jangka waktu tersebut. Meskipun anda tidak bisa mengambil uang di luar jangka waktu yang telah diberikan, deposito membantu anda untuk tidak menghamburkan uang.

  1. Bunga Lebih Besar

Bunga deposito lebih besar dari bunga tabungan biasa, dimana bunga deposito bisa mencapai 3% hingga 5%. Jika jumlah uang yang dimasukkan ke dalam deposito cukup besar, maka bunga yang nantinya diterima juga cukup besar.

  1. Uang Pokok Tidak Berkurang

Berbeda dengan menabung menggunakan tabungan biasa, yang mana akan dikenai biaya administrasi setiap bulannya. Deposito tidak memiliki biaya administrasi yang dikenakan. Uang yang dimasukkan ke dalam deposito tidak akan berkurang, karena pajak hanya akan dikenakan pada bunga yang diterima. Dan sisa bunga yang telah dipotong pajak tersebut adalah hak para nasabah yang memiliki deposito tersebut.

  1. Syarat Mudah

Syarat yang perlu diajukan untuk membuka deposito juga sangat mudah. Anda hanya cukup untuk memiliki kartu identitas diri yang sah dan rekening bank. Jika kedua syarat ini sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan uang untuk dimasukkan dalam deposito dan untuk membayar materai pada surat perjanjian. 

Deposito tidak hanya dapat disimpan dalam bentuk rupiah atau mata uang Indonesia saja. Terdapat juga simpanan berjangka dalam valas atau Valuta Asing yang lebih dikenal dengan istilah deposito valas. Jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank juga bervariasi, mulai dari 1, 3, 5, 12, atau 24 bulan dengan suku bunga yang cukup kompetitif. Bunga deposito dibayarkan hanya pada akhir periode investasi, berbeda dengan rekening tabungan biasa yang bunganya dihitung setiap hari dan dibayarkan pada nasabah setiap akhir bulan. Karena jangka waktu dan suku bunga yang tetap tersebut, anda bisa menghitung jumlah bunga yang akan diterima dengan kalkulator deposito pada akhir periode investasi deposito.

Pada umumnya, dana minimal yang diperlukan untuk bisa disimpan dalam deposito sekitar Rp 8-10 juta. Sedangkan tenor yang ditawarkan untuk penyimpanan deposito di setiap perbankan hampir sama, yaitu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai 24 bulan. Semakin lama jangka waktu simpanan, maka bunga yang akan diberikan relatif lebih tinggi secara proporsional. Untuk mendapatkan keuntungan dalam melakukan investasi melalui deposito, pilihlah produk yang menawarkan berbagai keuntungan seperti Bank Sinarmas.

Bank Sinarmas menawarkan nominal penempatan yang rendah, mulai dari Rp8 juta. Kami juga memberikan nilai investasi yang tinggi yang tersedia dalam berbagai mata uang seperti IDR, USD, AUD, JPY, dan CNY. Jangka waktu penempatan dari Bank Sinarmas tersedia dalam tenor 1, 3, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan. Untuk perpanjangan pada saat jatuh tempo ARO (Automatic Roll Over) Pokok, bunga dikreditkan ke rekening sumber dana. Serta bukti penempatan deposito yang berupa Bilyet Deposito. Selain itu, anda bisa menghitung bunga deposito anda dengan kalkulator deposito Sinarmas.

Bank sinarmas memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabahnya. Dapatkan keuntungan yang mudah dan menyenangkan dengan memilih produk deposito dari Bank Sinarmas.