Sistem Kerja Iklan Facebook
Sistem Kerja Iklan Facebook

Melakukan promosi merupakan salah satu internet marketing yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis baik untuk bisnis online atau hanya digunakan sebagai salah satu jenis promosi yang harus dilakukan. Promosi bertujuan untuk menarik khalayak ramai sehingga masyarakat akan melakukan sesuatu terhadap iklan tersebut misalnya membeli barang yang diiklankan. Terdapat banyak platform yang menyediakan layanan iklan, salah satunya adalah dengan jasa facebook ads.

Jasa layanan facebook ads merupakan jasa layanan periklanan yang diberikan oleh Facebook sebagai salah satu media sosial yang memiliki lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia. Dengan menggunakan Facebook Ads, Anda dapat mengiklankan berbagai jenis iklan misalnya untuk produk Anda, berita atau bahkan untuk acara tertentu. Walaupun merupakan iklan berbayar, namun kemudahan dan efektifitas yang didapatkan setelah menggunakan iklan Facebook menjadi keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Pada dasarnya, komunikasi yang diterapkan dalam Facebook Ads terdapat 5 konsep dasar yaitu :

  • Pengirim pesan dalam Facebook Ads adalah pengiklan.
  • Penerima pesan adalah khalayak.
  • Pesan yang terdapat dalam Facebook Ads adalah isi iklan yang ingin disampaikan.
  • Media yang digunakan yaitu Facebook sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan.
  • Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pengiklan.

Jasa Facebook Ads dijalankan dengan unsur dasar yaitu attention atau perhatian, interest atau minat, desire atau hasrat dan action atau tindakan. Anda sebagai pengiklan akan masuk ke Facebook ads kemudian melakukan pendaftaran, pengaturan seperti penentuan tujuan atau target berdasarkan kategori tertentu misalnya berdasarkan jenis kelamin, tempat atau wilayah, kesukaan atau hobi, berdasarkan umur. Selanjutnya Anda kan memberikan iklan yang Anda buat sendiri kemudian menentukan kapan iklan tersebut akan tayang. Dalam pemilihan jadwal tayang, sebaiknya sesuaikan dengan target yang telah Anda tentukan sebelumnya sehingga iklan akan menjadi lebih mengena sasaran. Kemudian pengiklan akan diberi pilihan untuk cara pembayaran misalnya dengan metode CPM atau cost per mille untuk pembayaran 1000 kali penayangan iklan atau dengan sistem CPC atau cost per click dengan harga yang disesuaikan pada jumlah klik yang dilakukan khalayak banyak (target).