tanda awal kehamilan

Kehamilan adalah hal yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Ternyata, untuk mengenali tanda awal kehamilan tidaklah sulit. Karena, ada sejumlah tanda-tanda yang bisa dijadikan sebagai ciri-cirinya. Nah, berikut akan dibahas satu per satu tanda-tanda tersebut untuk Anda:

tanda awal kehamilan
Tanda awal kehamilan

1.  Mood Swing

Perubahan emosi seorang wanita biasanya menjadi salah satu pertanda kehamilan. Pertanda ini umum sekali terjadi pada setiap wanita yang hamil. Namun, pertanda ini sering tidak disadari. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon ibu hamil.

Bahkan, beberapa wanita yang hamil mungkin saja akan merasa lebih emosian dibandingkan sebalum hamil.

2.  Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil bisa menjadi salah satu pertanda kehamilan juga. Terutama jika kondisi ini dialami saat masa program kehamilan. Pertanda ini juga sering kali tidak disadari. Misalnya seperti, reflek yang terjadi saat batuk, bersin, hingga tertawa yang membuat wanita sulit menahan kencing.

3.  Sembelit

Kondisi kesehatan ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Terkadang, sembelit juga bisa menjadi ciri-ciri kehamilan. Namun sayangnya, tidak semua wanita tahu bahwa sembelit bisa menjadi salah satu tanda-tandanya. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

4.  Sesak Napas

Hormon progesteron yang meningkat, membuat adanya beberapa perubahan. Salah satunya yaitu sesak napas. Artinya, kehamilan bisa membuat wanita lebih sesak napas dibandingkan dengan biasanya.

5.  Gusi Berdarah

Penyebab gusi berdarah memang bukan hanya satu atau dua hal. Namun dalam kasus tertentu, kondisi ini bisa saja menjadi tanda kehamilan. Dikutip dari buku Enjoy Your Pregnancy, Moms, kondisi tersebut bisa menjadi tanda kehamilan pada wanita.

6.  Perut Kembung

Tanda lain yang jarang sekali disadari adalah perut kembung. Di kita, kondisi ini sering dikaitkan dengan masuk angin. Padahal, hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri-ciri awal kehamilan. Perut kembung bisa saja terjadi akibat hormon progesterone.

Wanita hamil biasanya akan memproduksi hormone tersebut dalam jumlah yang banyak. Meski begitu, meningkatnya produksi hormone tersebut memberikan efek relaksasi bagi wanita hamil.

7.  Rasa Aneh di Dalam Mulut

Menurut para ahli, perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil juga dapat mempengaruhi kondisi yang disebut dysgeusia. Kondisi ini akan mengakibatkan rasa aneh dalam mulut wanita hamil.

Beberapa wanita merasakan adanya logam di dalam mulut. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Karena, kondisi tersebut merupakan salah satu hal yang umum pada wanita hamil.

8.  Timbulnya Jerawat

Jerawat biasanya timbul pada wanita yang sedang hamil. Meskipun hal ini terjadi hanya pada beberapa kasus saja.  Beberapa wanita bahkan mengalami kondisi jerawat yang memburuk pada masa-masa kehamilan.

Hal ini juga dibenarkan oleh American College of Obstetricians dan Gynaecologist. Lembaga tersebut juga memberi saran agar wanita hamil membersihkan muka dua kali dalam sehari. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan air hangat.

9.  Kepala Terasa Pusing

Di awal masa kehamilan, tekanan darah cenderung akan turun. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah terasa melebar ketika mengirim lebih banyak darah ke bagian rahim perempuan.

Selain itu, pusing juga bisa menjadi salah satu gejala darah rendah yang umum terjadi pada wanita hamil. Selain itu, bisa juga karena stres, kelelahan, hingga kadar gula.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang jarang sekali disadari oleh para wanita. Semoga bermanfaat khususnya untuk Anda yang sudah tidak sabar ingin mendapatkan momongan. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan alat tes kehamilan agar hasilnya lebih akurat.