perkembangan bayi
perkembangan bayi

Memiliki bayi merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak terkira nilainya. Bayi yang sehat adalah bayi yang aktif bergerak. Tugas kita sebagai orang tua adalah menstimulasi bayi tersebut supaya berkembang dengan baik baik secara fisik maupun mental. Kini ada Bidan Sela yang akan memberikan informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, perkembangan pada bayi dan janin dan lain sebagainya. Pada umumnya semakin aktif bayi maka semakin cepat juga dia bisa belajar banyak hal.

Untuk itu apa saja yang bisa bunda lakukan untuk merangsang bayi agar cepat berkembang? Yuk simak tips di bawah ini:

1. Pakaikan baju yang membantu bayi aktif bergerak

Terkadang banyak orang tua terutama para ibu muda yang “membungkus” bayinya dengan pakaian yang berlebihan. Memang tujuannya baik, takut bayi kedinginan dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya hal ini salah karena dapat membuat bayi susah lambat dalam perkembangan fisiknya. Bisa bunda bayangkan jika jadi seorang bayi yang lemah, lalu harus menggunakan pakaian yang berlebihan sehingga susah untuk bergerak.

Related image


Untuk itu sebaiknya pakaikan baju sesuai dengan kondisi cuacanya. Jika di siang hari atau panas sebaiknya pakaian baju yang tipis agar tidak kepanasan saat di gendong. Sesekali buka sarung tangan, dan pakaikan sarung tangan jika udara sedang dingin. Jangan lupa untuk memotong kukunya yang bun, biar tidak terluka saat bayi mengeksplor mukanya.

2. Olahraga kecil setiap ganti popok

Selanjutnya bunda juga bisa melakukan olahraga kecil setiap bayi ganti popok. Hal ini merupakan rutinitas yang menyenangkan dan dapat memberikan perkembangan fisik yang signifikan. Namun sebelumnya pastikan tempat bunda mengganti popoknya cukup nyaman dan aman. Juga pastikan suhu ruangan dalam kondisi hangat agar bayi bisa lebih lama dalam posisi telanjangnya.

Itulah beberapa tips untuk menstimulasi bayi agar lebih cepat perkembangan fisiknya. Dengan memperhatikan perkembangan bayi di setiap fasenya merupakan momen yang tidak boleh terlewatkan dan tidak bisa kita ulang lagi. Semoga tips diatas dapat bermanfaat ya bun!