biar cepat hamil

Apakah Anda pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan? Atau pasangan yang telah lama menanti kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga kecil Anda? Nah, tips biar cepat hamil ini semoga dapat membantu Anda segera mendapatkan momongan.

Apa saja yang harus dilakukan supaya cepat hamil, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

biar cepat hamil
Biar cepat hamil
  • Mengetahui Masa Subur

Tips yang pertama ini adalah salah satu yang paling penting karena sangat berpengaruh dalam meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan. Anda harus mengetahui kapan istri mengalami masa subur karena itulah saat terbaik dalam usaha memperoleh buah hati. Jika perlu, Anda memiliki catatan masa subur sehingga lebih memudahkan prosesnya.

Masa subur wanita terjadi antara 2 sampai 5 hari sebelum masa ovulasi dan 12 sampai 15 hari sebelum masa menstruasi. Sperma suami yang masuk dapat bertahan hidup dalam lendir serviks sampai 5 hari, kemudian sel telur dapat bertahan sampai 24 jam setelah ovulasi.

  • Mengenal Tanda Ovulasi

Selain masa subur, mengerti saat masa ovulasi terjadi juga sangat penting bagi Anda yang ingin segera mendapatkan keturunan. Cara mengenali tanda ovulasi, bisa dengan mengecek suhu tubuh dan memperhatikan lendir serviks.

Saat istri mengalami ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat hari demi hari sampai menstruasi tiba. Selanjutnya, kenali kondisi lendir serviks pada masa subur atau sebelum masa ovulasi dimana jika penampakannya seperti putih telur yang basah dan licin berarti itulah saat tepat untuk melakukan hubungan intim supaya mendapatkan momongan. 

  • Frekuensi Berhubungan

Tips biar cepat hamil selanjutnya adalah mengatur frekuensi dalam berhubungan intim. Jangan melakukannya terlalu sering karena sperma yang keluar banyak yang belum matang dan jangan pula terlalu jarang karena sperma yang keluar kondisinya lemah atau telah mati. 

  • Gaya Berhubungan

Gaya dalam berhubungan intim juga bisa membuat pembuahan menjadi lebih efektif dan tentu dilakukan pada saat masa subur. Gaya yang bisa Anda coba, seperti posisi doggy style dan misionaris.

  • Posisi Setelah Berhubungan

Setelah selesai berhubungan intim, posisi yang dianjurkan adalah istri tetap dalam keadaan berbaring beberapa saat dan usahakan posisi paha lebih tinggi dari bagian perut.

  • Pastikan Mencapai Orgasme

Menurut beberapa penelitian, rahim akan melakukan kontraksi yang optimal untuk menerima pembuahan sperma ketika istri mencapai orgasme. Hal tersebut dikarenakan sperma akan berpindah dari serviks ke saluran tuba ketika istri sudah mencapai orgasme.

  • Tingkatkan Kesuburan Suami Istri

Tingkatkan kesuburan Anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung nutrisi tepat untuk program kehamilan. Bahan makanan yang bagus untuk meningkatkan kualitas sperma, diantaranya adalah ikan, telur, dan daging. Sedangkan bahan makanan yang bagus untuk kesuburan rahim, antara lain kecambah, alpukat, ayam, dan susu. 

  • Olahraga

Jangan terlalu sering olahraga karena berpengaruh pada kesuburan, pun jangan terlalu malas untuk olahraga. Paling tidak lakukan olahraga ringan seperti jogging selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  • Menjaga Berat Badan

Jagalah berat badan tetap ideal karena bobot yang berlebih dapat membuat hormon estrogen juga berlebihan dan membuat ovulasi menjadi terganggu. Sedangkan, memiliki bobot tubuh yang terlalu kurus juga membuat kesuburan menjadi terhambat. 

  • Relaksasi

Tips yang terakhir adalah tetap rileks supaya mood dan daya tahan Anda tetap bagus terutama saat berhubungan intim dengan pasangan.

Selain mengikuti tips-tips biar cepat hamil, bagi Anda yang belum kunjung hamil saat usia pernikahan mencapai 1 tahun sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.