Tips dan Cara Pengajuan Kredit

0
29

Mengajukan permohonan kartu kredit memang tak boleh asal begitu saja mengajukan. Cara pengajuan kredit sendiri ada beberapa hal yang harus sudah diketahui dan dipersiapkan dengan baik. Tagihan kartu kredit akan ada setiap bulannya, mengenai tagihan tersebut bisa saja merupakan sebuah hal yang membebani kalau memang pada jatuh masanya belum mampu terbayar. Dengan memegang kartu kredit, memang seseorang akan memperoleh kemudahan tersendiri dan juga gengsi yang berbeda daripada orang lain yang membayar menggunakan cash. Namun, satu hal yang harus sangat diperhatikan adalah soal penggunaannya. Bijak dalam menggesek kartu kredit itu perlu, agar seseorang tidak shock dengan jumlah tagihan yang begitu membengkak hebat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengajukan kartu kredit ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Memperhatikan keuangan bulanan

Syarat utama dari segi finansial untuk mengajukan kartu kredit adalah jumlah penghasilan bulanan minimal 3 juta Rupiah. Sementara untuk limit kartu kredit sendiri jumlahnya bermacam-macam, mulai dari 2 juta rupiah sampai dengan puluhan juta. Masalah dalam kartu kredit yang paling umum adalah pelunasan akhir bulan atau tagihan bulanan itu sendiri. Pengeluaran yang over membuat seseorang tidak mampu membayar tagihannya dan akhirny malah menunggak. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit agar tidak terjebak. Biasanya akan ada banyak sekali diskon yang ditawarkan dengan metode pembayaran kartu kredit, hal itu adalah godaan besar yang menuntut Anda untuk menjadi orang bijak.

Tunggakan kartu kredit yang membawa masalah

Sebagian besar orang tidak menyukai berurusan dengan bank sebab alurnya yang terlalu panjang dan ribet. Apalagi kalau berurusan dengan tunggakan kartu kredit yang menyeramkan. Mengapa dikatakan menyeramkan, sebab harus ada yang dibayar dan bunga yang dibayarkan, tentu saja hal itu menjadi menyeramkan kalau seseorang tidak memiliki cukup uang untuk melunasinya. Tunggakan tersebut selama kedepannya akan menjadi masalah tersendiri, seseorang akan dihadapkan pada masalah yang rumit akibat dari tunggakan ini.

Bijak menggunakan kartu kredit

Andaikata Anda memiliki seorang anak yang belum cukup umur namun sudah banyak merengek untuk memiliki kartu kredit, maka jangan memberikan kartukredit terlebihdahulu untuk anak. Hal itu bukan sebuah keputusan yang bijak mengingat anak belum mampu mengendalikan dan bersifat bijak atas pengeluaran yang ia lakukan. Fungsi dari kartu kredit itu sendiri adalah untuk menggantikan uang cash yang saat ini kalau untuk pembelanjaan sudah kurang efektif lagi. Resiko dirampok, tercecer, kantong yang terlalu menggembung serta waktu yang lebih lama untuk menghitung uang tersebut adalah sebuah hal yang dihindari oleh masyarakat kaum modern. Memang menggunakan kartu kredit sangat menyenangkan, namun penggunaannya juga harus dibatasi. Jangan apapun yang dilihat kemudian ingin dibeli, tidak seperti itu esensi sebenarnya dari penggunaan kartu kredit. Pada kenyataannya memang kebutuhan masing-masing orang berbeda, hendaknya dahulukan kebutuhan primer terlebih dahulu baru kemudian kebutuhan lainnya.

Lunasi tagihan kartu kredit

Cara terbaik agar dapat dengan segera melunasi kartu kredit dan tidak mengalami over limit adalah dengan cara mempersedikit pengguaan kartu kredit tesebut. Intinya, penggunaan kredit jangan sampai melebihilimit yang sudah ditetapkan tiap bulan. Misalnya saja limit kartu kredit sebesar 2 juta, sementara jumlah gaji Anda tiap bulan adalah sebesar 3 juta. Kalau 2 juta itu Anda penuhkan semuanya, maka Anda hanya memiliki sisa 1 juta saja untuk kebutuhan yang lain diluar kartu kredit. Jangan menumpuk hutang lagi dengan pamakaian kartu kredit yang tidak wajar. Bijaklah selalu dan jangan lupa untuk menabung.

Cara Mengajukan Permohonan Aplikasi Kartu Kredit

Proses mengajukan kartu kredit ini sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung dari sudut pandang Anda menilai. Akan sangat mudah kalau Anda dengan cepat memahami persyaratan dan prosedur yang diminta. Berikut ini adalah sekilas dari prosedur pengajuan kartu kredit untuk memberikan Anda bayangan bagaimana kedepannya.

Datang ke penyedia layanan kartu kredit

Dalam hal ini, penyedia layanan kartu kredit adalah bank-bank tertentu. Sebenarnya semua bank bisa memberikan layanan kartu kredit, hanya saja tergantung Anda ingin menggunakan bank yang mana. Pelajari terlebih dahulu mengenai bank-bank ini di media inernet untuk mengatahui lebih lanjut tentang bagaimana kelebihan dan keuntungannya masing-masing.

Siapkan berkas

Berkas yang diminta akan lebih mudah kalau Anda sudah memiliki jenis tabungan terlebih dahulu pada bank yang bersangkutan. Berkas yang harus disiapkan antara lainnya adalah kartu identitas, npwp, slip gaji, surat keterangan dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa copyannya agar lebih mudah.

Siapkan pin

Kartu kredit juga harus memiliki pin agar tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Pemakaian kartu kredit hanya akan dilakukan oleh pengguna atau pemilik dari kartu kredit tersebut.

Itulah tadi cara pengajuan artu redit beserta tips-tips agar tidak terjebak dengan hutang kartu kredit yang rumit. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here