Langkah Sederhana Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

Tips Jitu Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

Mengatur perencanaan keuangan keluarga memang bukan perkara mudah karena keuangan tersebut menyangkut kebutuhan seluruh anggota keluarga yang harus dipenuhi. Banyak yang berpikir bahwa masalah keuangan muncul karena pendapatan yang kecil. Padahal besar atau kecilnya pendapatan tidak akan berpengaruh terhadap ekonomi keluarga selama ada perencanaan yang matang. Jadi yang perlu Anda lakukan sekarang adalah merencanakan baik-baik keuangan Anda sehingga tidak ada masalah di waktu yang akan datang.

Tips Jitu Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

  • Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Salah satu penyebab sulitnya perencanaan keuangan keluarga adalah tidak adanya kontrol keuangan yang baik. Mengontrol keuangan bisa Anda lakukan dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Usahakan untuk selalu membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh keluarga Anda, bukan yang diinginkan. Membedakan kedua hal tersebut sangat penting karena kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal berbeda yang seringkali disamaratakan. Anda bisa membuat daftar barang-barang belanjaan mingguan atau bulanan sehingga daftar tersebut bisa Anda bawa saat hendak pergi berbelanja. Dengan demikian Anda bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang kurang diperlukan.

  • Perencanaan yang Matang

Merencanakan keuangan bukan hanya sekedar membuat daftar belanjaan saja, tapi juga mengatur tabungan serta memasang target. Sisihkan sebagian uang Anda untuk tabungan pendidikan anak Anda nantinya dan sisihkan sebagian lagi untuk keperluan dana darurat. Anda tidak tahu apa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang sehingga perencanaan semacam itu harus benar-benar dilakukan. Usahakan untuk tidak berhutang agar keuangan Anda tetap stabil. Itulah kenapa tabungan sangat diperlukan karena hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari hutang.

Jika Anda merasa bingung dan kesulitan membuat perencanaan keuangan, Anda bisa mencoba mendiskusikannya dengan Dompetku yang siap membantu Anda merencanakan masa depan yang lebih baik. Ada kalanya kita memang perlu berbicara dengan yang lebih tahu dan berpengalaman agar solusi yang tepat dapat ditemukan. Anda bisa mendapatkan tips dan nasihat yang tepat dengan membicarakannya ke orang yang tepat pula. Dengan begitu mengatur keuangan keluarga akan menjadi lebih mudah.

Langkah Sederhana Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

Langkah Sederhana Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan keluarga adalah tugas utama setiap keluarga kadang mengatur keuangan menjadi hal yang tidak mudah terutama bagi keluarga muda. Menyesuaikan pemasukan dengan pengeluaran yang kadang tidak seimbang, mengakali pengeluaran yang tidak terduga dan permasalahan keungan lainnya bukan lah hal mudah. Dibutuhkan keseriusan dan rencana yang matang dalam mengatur keuangan di dalam keluarga. Karena dalam keluarga tidak hanya memikirkan kebutuhan satu orang tetapi memikirkan kebutuhan seluruh anggota keluarga, perencanaan adalah hal tepat yang harus dilakukan.

Mengatur keuangan diri sendiri lebih mudah dibandingkan dengan mengatur keuangan keluarga, selain hanya memikirkan diri sendiri mengatur keuangan diri lebih mudah dilakukan, oleh karena itu dalam mengatur keuangan di dalam keluarga di butuhkan beberapa cara, seperti:

  1. Ketahui pemasukkan dan pengeluaran keluarga

Sebelum memulai perencanaan ketahui jumlah pemasukkan anda sekeluarga setiap bulannya. Buatlah list akan keperluan keluarga setiap bulan dan biaya yang dibutuhkan.

  1. Buatlah rencana keuangan sesuai dengan pemasukkan

Setelah mengetahui apa saja yang keluarga butuhkan selama sebulan buatlah rencana pengeluaran sesuai dengan biaya pemasukkan. Bila pengeluaran lebih besar lakukan pengurangan, kurangi list barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan prioritaskan kebutuhan keluarga.

  1. Menabung

Seberapa besar pengeluaran keluarga usahakan 10% dari pemasukkan keluarga untuk ditabung. Menabung menjadi cadangan biaya untuk keperluan yang kira-kira tidak terduga dan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Dengan ini anda sudah menyiapkan diri akan kejadian yang tidak terduga yang mungkin akan terjadi.

Dalam mengatur keuangan keluarga hal yang tidak boleh anda lakukan adalah membuta hutang, dengan hutang anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama sebulan dan pemasukkan anda akan berkurang untuk melunasi hutang. Selain menabung anda juga bisa melakukan investasi di bidang yang anda sukai seperti properti. Bila anda masih ragu untuk membuat perencanaan keuangan keluarga anda dapat melakukan konsultasi dengan Dompetku yang memiliki ahli dalam bidang ekonomi yang dapat membantu masalah keuangan anda dan keluarga dengan cara cuma-cuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published.