Asian Paints
Asian Paints

Rumah minimalis menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat dewasa ini. Rumah minimalis dimaksudkan agar tanah dan ruangan yang sempit bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu yang menjadi ciri khas rumah minimalis adalah warna cat rumah yang digunakan. Umumnya rumah tersebut menggunakan warna-warna yang natural, simpel, namun tetap elegan. 

Tips Mudah Memilih Warna Cat Rumah Minimalis agar Semakin Menarik

Apabila Anda kebingungan ketika memilih warna cat untuk rumah minimalis, jangan khawatir, berikut merupakan beberapa tips mudah yang bisa Anda aplikasikan agar pemilihan warna cat tidak salah dan tabrak warna.

  • Pilih Warna Cat yang Sesuai dengan Mood yang Ingin Anda Perlihatkan

Ini merupakan salah satu tips penting yang perlu Anda perhatikan. Anda tidak bisa sembarang mengaplikasikan warna pada rumah minimalis. Salah-salah, kesan ruangan yang ditampilkan akan menjadi berbeda. 

Misalnya Anda ingin mengecat kamar tidur, pilihlah warna cat rumah yang tenang, tidak terlalu terang dan terkesan lembut. Akan berbeda jika Anda melakukan pengecatan pada ruang tamu atau ruang keluarga, pilihlah warna-warna yang hangat, ceria dan netral. 

  • Sesuaikan dengan Warna Furnitur yang Digunakan

Tentunya Anda tidak ingin terjadi tabrak warna pada salah satu bagian ruangan Anda kan? Oleh karena itu, perhatikan kesesuaian warna tembok dengan warna atau bahan furnitur yang Anda gunakan. Untuk lebih aman, Anda bisa memilih warna-warna monokrom atau warna netral.

Apabila Anda memerlukan berbagai macam perlengkapan meubel maupun furniture, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Anda dapat mencari referensi furnitur yang tepat untuk dipadukan dengan warna cat ruangan.

  • Mulai dari Ruangan yang Kecil 

Apabila Anda hendak mencoba-coba warna pada tembok rumah Anda, pakailah ruangan yang kecil, seperti gudang atau kamar mandi. Anda juga bisa mengaplikasikannya pada tembok yang nantinya diberi wallpaper. Jika warna yang dipilih kurang sesuai, Anda bisa menutupnya. 

Pilih pula area yang mudah dilihat dan mendapat pencahayaan yang baik, sehingga hasilnya bisa dilihat secepat mungkin. Sebagai tambahan, untuk meningkatkan keserasian dan keindahan ruangan, pilih warna dasar yang sesuai dengan furniture. 

  • Uji Warna Pilihan Anda Jika Sudah Yakin

Sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa melakukan pengujian warna cat rumah di dinding dengan kapasitas ruang yang lebih lebar. Sejajarkan warna yang ingin Anda gunakan dengan menyapukannya secara berurutan, dari warna yang gelap menuju warna yang lebih muda. 

Pemilihan warna tersebut tidak akan sulit apabila Anda telah memberikan tema pada ruangan. Pemilihan tema bisa Anda sesuaikan dengan konsep rumah minimalis yang simpel namun tetap elegan. 

Asian Paints
  • Menggunakan Cat yang Sesuai

Pemilihan warna cat rumah yang sesuai berarti Anda tidak boleh mengaplikasikan jenis cat yang salah pada tembok. Apabila mengecat tembok luar ruangan, gunakan cat yang mampu melindungi tembok sekaligus menjaga warnanya tetap cerah. 

Salah satu jenis cat tembok eksterior yang direkomendasikan adalah produk Asian Paints, yakni jenis Tuff Eksterior. Cat tembok jenis ini akan melindungi tembok dan rumah Anda dari sinar matahari dan UV, curah hujan tinggi, pertumbuhan lumut serta jamur selama tiga tahun berturut. 

Dalam memilih warna cat rumah Anda harus melakukannya secara seksama dan penuh kehati-hatian. Pertimbangkan kombinasi warna yang digunakan, jenis cat dan tembok, warna furniture di dalam ruangan, serta kesan yang ingin Anda tonjolkan. Segera kreasikan rumah minimalismu dengan warna-warna tembok yang indah.