Ibu Hamil
Ibu Hamil

Saat bunda sedang hamil, kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga. Iya ibu hamil sebaiknya lebih menjaga kebiasaan-kebiasaan pola hidup sehingga kandungannyapun juga sehat. Merubah kebiasaan pola hidup memang bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk bunda yang berkarir.

Namun hal tersebut tentunya harus dilakukan sehingga bunda dan bayi yang ada di dalam kandungan pun juga sehat dan proses melahirkan akan lancar. Nah berikut adalah beberapa tips seputar pola hidup sehat untuk bunda yang sedang mengandung.

Tips Menjaga Kesehatan Kandungan Ibu Hamil

Ibu Hamil
Ibu Hamil

1. Pola makan teratur dengan gizi seimbang

Pola makan menjadi hal yang harus diperhatikan dalam menata pola hidup sehat ketika bunda sedang mengandung. Dalam hal ini bunda harus makan secara teratur serta memilih makanan-makanan yang mengandung gizi seimbang. Bunda yang sedang hamil membutuhkan vitamin,protein serta mineral seperti zat besi dan asam folat untuk kandungannya.

Nah menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi), pada trimester pertama bunda membutuhkan asupan sekitar 180 kilo kalori dalam setiap harinya, kemudian setelah masa trimester kedua bunda membutuhkan asupan kalori tambahan sekitar 300 kilo kalori hari, dan masa kehamilan trimester akhir bunda memerlukan asupan kalor tambahan 300 kilo kalori perhari. 

2. Hindari mengkonsumsi bahan kimia tanpa resep dokter

Selain memperhatikan pola makan, sebaiknya bunda yang sedang mengandung juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi bahan-bahan kimia entah itu pada obat-obatan atau produk kecantikan lain tanpa adanya resep dokter.

Ketika bunda sedang mengandung, sebaiknya menghindari beberapa produk yang mengandung bahan kimia seperti AHA, merkuri, retinoid, dan zat lain yang berbahaya bagi kesehatan bunda dan juga kandungan. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep yang aman digunakan saat hamil. 

3. Jaga kondisi badan

Nah menjaga kondisi badan juga merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Pastikan bunda tidak memiliki aktivitas yang berlebih sehingga akan kelelahan. Selain itu mejaga istirahat yang cukup juga merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh bunda saat mengandung.