lemari dapur

Menciptakan dapur yang bersih dan nyaman merupakan keinginan setiap orang terutama para ibu rumah tangga. Dapur yang bersih tentunya berpengaruh pada kesehatan makanan yang disajikan. Salah satu hal yang mesti kita benar-benar jaga kebersihannya yaitu lemari dapur.

Di dalam lemari kita menyimpan berbagai peralatan masak, makan, juga berbagai bumbu dan makanan. Jadi pastikan lemari tersebut terawat kebersihannya. Selain itu kita harus pintar-pintar menata lemari agar mudah dalam melakukan aktivitas di dapur.

Berikut ada beberapa tips menata lemari di dapur, diantaranya:

  1. Membuat daftar

Langkah pertama sebelum anda menata dapur anda adalah membuat daftar dengan dimulai dari bumbu, alat masak, panci dan sebagainya. Hal ini mungkin penting dilakukan agar anda bisa memperhitungkan berapa banyak ruangan yang dibutuhkan untuk menyimpan barang dalam lemari. Anda bisa melakukan aktivitas ini sambil mengosongkan lemari tersebut.

 2. Perawatan yang baik

Lemari juga perlu perawatan yang baik. Selain untuk menjaga lemari tetap awet juga untuk memudahkan anda ketika membersihkannya. Bersihkan lemari secara rutin minimal seminggu sekali. Pastikan wadah-wadah bumbu anda tetap bersih. Pastikan juga rak dalam keadaan kering sebelum anda memasukan peralatan masak, bumbu dan peralatan dapur lainnya.

3. Masukan bumbu ke dalam wadah

Bumbu merupakan bahan makanan yang dapat menciptakan cita rasa terhadap masakan. Untuk itu kita harus senantiasa menjaga kualitasnya dengan menempatkannya di wadah yang sesuai dengan kebutuhan dan yang kedap udara. Pastikan semua bumbu dimasukan ke dalam wadah, agar tidak lembab dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

4. Masukan ke dalam lemari

Setelah bumbu-bumbu dimasukan ke dalam wadah. Selanjutnya anda harus memasukan wadah-wadah tersebut ke dalam lemari. Tempatkan barang yang sering digunakan pada lokasi yang terdekat agar anda mudah mendapatkannya. Dan tempatkan di tempat yang paling belakang untuk barang yang jarang digunakan.

Itulah beberapa tips menata lemari dapur yang baik agar anda mudah dalam beraktivitas di dapur. Semua peralatan dapur tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di IKEA dengan harga yang menarik dan terjangkau.