Gerbang pembayaran nasional
Gerbang pembayaran nasional

Kita semua pasti masih ingat bahwa ketika dulu akan melakukan pembayaran berbagai jenis tagihan, maka kita harus mendatangi ATM, kantor bank atau outlet – outlet yang menyediakan jasa pembayaran resmi. Hal ini sungguh sangat menyulitkan anda, terutama bagi anda yang dalam kesehariannya disibukkan dengan berbagai jenis kegiatan dan pekerjaan yang tidak memungkinkan anda untuk pergi ke tempat – tempat pembayaran seperti yang disebutkan di atas.

Sekarang, seiring perkembangan dalam bidang teknologi khususnya teknologi internet, maka proses pembayaran tersebut bisa anda lakukan tanpa harus mendatangi secara langsung tempat – tempat pembayaran seperti di atas. Cukup dengan menggunakan sebuah aplikasi pembayaran online, maka anda sudah bisa melakukan berbagai jenis pembayaran tagihan secara mudah dan praktis.

Menariknya, pada system pembayaran online tersebut sudah menggunakan sebuah system pembayaran bernama GPN atau gerbang pembayaran nasional. Gerbang pembayaran nasional atau GPN merupakan bentuk kerjasama interkoneksi antar jaringan switching nasional.

Layanan ini diluncurkan untuk memudahkan sistem pembayaran masyarakat Indonesia dan melindungi data transaksi nasabah. Mengapa diadakan system gerbang pembayaran nasional ? Ini tujuan sebenarnya :

  1. Memudahkan Sistem Pembayaran Nasional. Melalui sistem ini, pemilik semua kartu Debit Bank dapat melakukan transaksi di mesin EDC bank lain. Nasabahpun semakin dimudahkan untuk bertransaksi dimana saja.
  2. Tulang Punggung Program Pemerintah . GPN juga dihadirkan sebagai tulang punggung  program-program Pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.
  3. Mendorong Penggunaan Mesin EDC . Penerapan GPN ini diharapkan akan mendorong sharing infrastruktur sehingga penggunaan mesin dan EDC dapat meningkat, sehingga biaya investasi infrastruktur dapat digunakan untuk kegiatan pembiayaan pinjaman yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. GPN juga akan memudahkan  sistem koneksi antar pihak yang sebelumnya bersifat bilateral antar pihak menjadi terpusat di GPN.

Anda ingin menggunakan sistem gerbang pembayaran nasional saat membayar berbagai tagihan ? anda bisa menggunakan sebuah aplikasi pembayaran online bernama Faspay.

Faspay akan membuat anda memiliki kemampuan untuk menerima pembayaran online melalui channel Debit maupun Kredit yang terdiri dari beragam metode seperti Internet Banking, Mobile Banking, Virtual Account, e-Money, Retail Payment, Kartu Kredit hingga Kredit Online.