WASPADAI 11 GEJALA DIABETES MELITUS – Tubuh yang sehat dapat diwujudkan dengan gaya hidup yang sehat pula, dimana anda harus menerapkan pola hidup yang baik mulai dari makan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi, minum air mineral secukupnya dan juga olah raga secara teratur. Tetapi saat ini, banyak dari kita tidak memiliki pola hidup yang sehat dimana kita tidak mengontrol asupan makanan yang kita makan dan tidak juga di dukung dengan olah raga secara teratur seperti makan makanan fast food setiap hari. Padahal, mengkonsumsi fast food setiap hari sangatlah tidak baik bagi kesehatan kita. Salah satu resiko yang sangat besar yang akan kita terima disaat kita memiliki pola hidup yang tidak sehat adalah gangguan diabetes melitus. Dimana kita tidak akan pernah menyadari bahwa kita terkena gangguan diabetes melitus.

WASPADAI 11 GEJALA DIABETES MELITUS

 

Ketika kita tidak menyadari bahwa dengan pola hidup yang tidak sehat, kita dapat terserang diabetes melitus maka berbagai macam komplikasi yang kronis akan menghantui kehidupan anda seperti penyakit jantung kronis, ginjal, kebutaan bahkan kematian. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari gangguan diabetes melitus, alangkah baiknya jika kita mengetahui gejala awal dari penyakit diabetes melitus. Sehingga, kita dapat mencegah dan mengobati penyakit ini sedini mungkin dan berikut kami akan memberikan informasi mengenai 11 gejala diabetes melitus.

Baca juga : Cara Mencegah Diabetes Dengan Mudah

Pada umumnya, gejala diabetes melitus yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Rasa haus, sehingga kita akan banyak menkonsumsi air
  2. Berat badan menurun secara drastis
  3. Sering kencing terutama di malam hari
  4. Badan terasa lemas
  5. Cepat lapar
  6. Kesemutan pada jari-jari tangan dan kaki
  7. Penglihatan jadi kabur
  8. Badan terasa gatal-gatal
  9. Luka sukar sembuh
  10. Gatal pada kemaluan (bagi pasien wanita)
  11. Dan impotensi (bagi pasien pria)

Salah satu jenis penyakit kronis yang dapat membahayakan dan mengancam jiwa pengidapnya adalah diabetes melitus. Penyakit ini disebabkan dari organ pankreas yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dalam memproduksi hormon insulin sehingga kadar glukosa yang ada dalam tubuh jumlahnya meningkat akibat tidak dapat dikonversi menjadi energi. Selain karena disfungsi pankreas, penyebab timbulnya penyakit yang sering pula disebut dengan penyakit kencing manis ini disebabkan pula karena obesitas akibat pola makan dan gaya hidup tidak sehat individunya. Obesitas yang dialami oleh seseorang menimbulkan lemak dalam tubuh orang tersebut jumlahnya juga tinggi sehingga konsentrasi lemak berlebih itu dapat menghambat kerja pankreas dalam memproduksi insulin yang berperan dalam mengontrol dan menstabilkan gula darah dalam tubuh.

Orang yang terlanjur terkena dan tervonis penyakit diabetes melitus tentunya wajib lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Selain memperhatikan asupan dan pola makan, penderita diabetes terkadang juga memerlukan serangkaian tahapan pengobatan yang tergolong tidak murah harganya agar penyakitnya tersebut dapat lebih cepat diatasi. Penanganan penyakit yang tidak mudah untuk dilakukan itu harus menjadi cerminan untuk kita semua untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin agar dapat terhindar dari penyakit yang tergolong membahayakan tersebut. Karena tentunya mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.

Pencegahan yang dapat dilakukan supaya dapat terhindar dari resiko penyakit diabetes antara lain seperti :

  1. Menerapkan pola makan yang sehat dan baik dengan memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makanan yang terindikasi tidak sehat dan beresiko tinggi terhadap kesehatan tubuh seperti jenis makanan yang banyak mengandung lemak tinggi, pewarna buatan, dan pengawet makanan.
  2.  Menerapkan pola hidup sehat dengan menjalankan beragam kegiatan aktivitas lebih teratur lagi.
  3.  Melakukan olahraga secara teratur dalam menjalani kehidupan agar fungsi organ tubuh dapat tetap terawat dan berfungsi dengan baik.
  4.  Menjaga berat badan ideal untuk menciptakan kondisi fisik yang lebih sehat. Hal tersebut karena memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat menyebabkan terserangnya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung lebih rentan terjadi.

   5.    Hindari merokok dan meminum minuman beralkohol karena dapat lebih menghindarkan diri dari berbagai      penyakit berat seperti halnya penyakit diabetes.