Yang Harus Diketahui Dari Asuransi Mobil All Risk
Yang Harus Diketahui Dari Asuransi Mobil All Risk

Serbaweb – Pembelian asuransi kendaraan untuk masa sekarang ini menjadi hal yang cukup penting dimiliki oleh mereka yang mempunyai kendaraan. Apalagi jika kendaraan tersebut digunakan dalam frekuensi yang sering digunakan, baik itu untuk bekerja, liburan, dan sebagainya. Dengan penggunaan yang sering tentunya menjadikan kendaraan yang anda rentan sekali terkena berbagai kecelakaan baik itu rusak berat maupun rusak ringan, atau bisa terkena berbagai kasus kejahatan.

Salah satu asuransi yang dapat memberikan perlindungan yang lengkap terhadap kendaraan anda yaitu asuransi mobil all risk. Dalam asuransi ini bagi nasabah diberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap kendaraannya, baik itu terkena kerusakan kecil, atau besar, terkena kasus pencurian ataupun kejahatan. Semuanya telah ditanggung oleh pihak asuransi.

Yang Harus Diketahui Dari Asuransi Mobil All Risk
Yang Harus Diketahui Dari Asuransi Mobil All Risk

Namun sebelum anda membeli asuransi ini harus anda ketahui berbagai hal tentang jenis asuransi mobil all risk, karena masih banyak terjadi kesalahpahaman mengenai asuransi ini. Dan beberapa hal yang harus anda ketahui dari asuransi mobil all risk ini adalah sebagai berikut:

  1. berbagai manfaat ada dalam asuransi ini terkadang terlalu berlebihan, padahal dalam pemanfaatannya belum tentu dibutuhkan, sehingga premi mahal yang anda keluarkan menjadi sia-sia.
  2. Antara manfaat dan preminya, lebih banyak dan mahal preminya, walaupun dalam manfaatnya tetap ada.
  3. Dengan premi yang mahal terkadang manfaatnya tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
  4. Terkadang ada anggapan bahwa asuransi sama dengan investasi yang berharap tatkala tidak adanya premi uang yang disetorkan bisa kembali lagi.
  5. Adanya anggapan bahwa dengan mengasuransikan mobil all risk maka harga jualnya semakin tinggi. Hal ini tentu saja salah karena ketika mobil dijual maka polis asuransinya batal dengan sendirinya.
  6. Mempunyai asuransi mobil lebih dari satu diharapkan dapat melakukan dobel klaim. Hal seperti inipun merupakan pekerjaan membuang-buang uang karena meski mempunyai dua asuransi mobil tetap tidak dapat mengajukan klaim terhadap objek penanggungan yang sama.
  7. Ada anggapan bahwa asuransi mobil all risk juga menjamin terhadap asesoris aftermarket. Untuk hal ini akan tergantung kepada perjanjian awal dalam polis asuransi. Jika dalam polis asuransi asesoris tidak disebutkan maka secara otomatis tidak termasuk kepada jaminan.

Banyak bertanya dan kejelian anda sebelum membeli asuransi mobil merupakan hal yang wajib anda lakukan ketika anda akan membeli asuransi mobil all risk, jangan sampai tujuan anda dalam melindungi mobil anda bisa-bisa menjadi sebuah kerugian bagi keuangan anda.