Yuk! Ganti Cemilan Anda dengan Aneka Kacang-Kacangan Demi Menunjang Kesehatan Selama Masa Kehamilan
Yuk! Ganti Cemilan Anda dengan Aneka Kacang-Kacangan Demi Menunjang Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan tentu anda selalu ingin memberikan yang terbaik, baik untuk kondisi tubuh anda maupun untuk pertumbuhan sang buah hati di dalam perut. Memperhatikan apa saja yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu cara anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin.  Misalnya dalam urusan memilih cemilan. Banyak dari sebagian ibu hamil yang sangat berhati hati dalam memilih cemilan yang dikonsumsinya. Aneka kacang-kacangan dapat menjadi alternatif bagi anda yang suka ngemil tetapi tetap ingin cemilan yang sehat. Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi penting seperti protein dan asam folat. Jenis kacang-kacangan yang dapat anda pilih seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kenari, almond, kacang kedelai, pistachio, kacang tanah.

Cemilan berbahan dasar kacang-kacangan ini tentu tidak hanya memberikan banyak khasiat bagi ibu hamil dan janin saja, karena cemilan berbahan dasar kacang juga memberikan rasa yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilan.

Berikut terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari cemilan kacang-kacangan selama masa kehamilan

Kacang Hijau

Kandungan dari kacang hijau sudah tidak diragukan lagi bagi para ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau sudah terbukti mampu memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil selama proses kehamilan.

Beberapa kandungan nutrisi dalam kacang hijau yang bermanfaat bagi tubuh adalah; zat besi yang dapat membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta mulai dari trimester awal, thiamin atau kerap dikenal dengan vitamin B1 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi,  serta folat yang mempunyai peran dalam produksi sel darah merah pada tubuh dan dapat membantu perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin selama kehamilan.

Kacang Merah

Jenis kacang ini baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena kacang merah kaya akan kandungan zat besi. Zat besi dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga mampu menurunkan bahkan mencegah resiko cacat lahir pada bayi atau kekurangan zat besi. Selain itu, dalam kacang merah juga terkandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengurangi resiko ibu hamil terkena diabetes gestasional.

Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki ragam manfaat untuk ibu hamil dan janin. Salah satu manfaat dari kacang kenari adalah adanya kandungan asam lemak omega-3. Kandungan ini mampu menunjang perkembangan sel otak janin. Kacang kenari juga dapat mencukupi kebutuhan protein ibu hamil, karena mengandung 4 gram protein setiap sajiannya.

Almond

Pada kacang almond terkandung sumber lemak baik, zat besi, protein, karbohidrat. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan adalah; kandungan protein tinggi yang bisa menjaga stamina anda selama hamil, Vitamin E sebagai penunjang pertumbuhan rambut dan perkembangan kulit janin anda, serat yang dapat mencegah konstipasi, serta asam folat sebagai pembentuk sistem saraf dan otak pada janin.

Kacang Kedelai

Tidak hanya dapat diolah menjadi susu, kacang kedelai juga dapat diolah menjadi berbagai lauk, seperti tahu dan tempe yang terbuat dari kacang kedelai tentu bermanfaat. Terlebih lagi apabila anda merupakan ibu hamil yang memiliki lactose-intolerant, maka susu kedelai dapat menjadi salah satu alternatif pengganti susu.

Pistachio

Nutrisi baik yang terkandung pada jenis kacang ini meliputi kalsium, kalium, asam folat, serta zat besi. Menariknya lagi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, pistachio ini cenderung lebih rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga berat badan selama masa kehamilan.

Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Anda dapat memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan dengan rutin mengkonsumsi kacang tanah. Sehingga dapat menjadi sumber energi, memberikan asupan folat, dan menjadi sumber mineral yang baik.

Moms dari semua cemilan di atas banyak kandungan yang bermanfaat terutama bagi moms di masa kehamilan. Sebagian kebaikan kandungan di atas terutama untuk kandungan almond juga bisa mom dapatkan melalui Prenagen UHT Almond Soya. Kandungan terbaik yang ada pada almond seperti asam folat, zat besi, vitamin d3 dan sumber kalsium bisa mom dapatkan melalui produk minuman ini. Minumlah secara teratur untuk kebaikan dan manfaat nutrisi saat mom mengandung.