makanan sehat untuk mata

10 Makanan Sehat Untuk Mata yang Wajib Dikonsumsi

Posted by

Siapa bilang merawat kesehatan mata memerlukan biaya yang besar? Faktanya, kita bisa menjaga kesehatan mata kita, dengan cara sederhana, murah, tapi tetap optimal. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk mata.

Ada banyak sekali makanan yang bagus untuk mata kita. Nah, berikut telah kami rangkum 10 jenis makanan yang bisa kamu konsumsi agar mata tetap sehat dan mencegah dari berbagai penyakit:

makanan sehat untuk mata
Makanan sehat untuk mata

1.      Wortel

Kamu tentu sudah tahu bukan, bahwa wortel adalah makanan yang sangat bagus sekali untuk mata. Tapi, tahukah kamu, apa alasan wortel menjadi makanan yang bagus untuk mata? Bagi yang belum tahu, wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin A yang penting untuk mata kita.

2.      Sayur Kol

Kol adalah jenis sayuran mengandung zeaxanthin dan juga lutein. Kedua kandungan ini, bagus untuk mata. Fungsinya yaitu untuk melindungi mata kita dari paparan sinar ultraviolet atau UV. Selain itu, kol juga bisa mencegah mata dari risiko terkena katarak hingga 22 persen.

3.      Buah Alpukat

Kandungan lutein di dalam alpukat tergolong sangat tinggi. Seperti yang dijelaskan di atas, lutein adalah salah satu kandungan penting yang bagus untuk mata. Buah alpukat juga berperan penting untuk membantu menyerap nutrisi seperti beta-karoten dan alfa.

4.      Sayur Bayam

Bayam tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh dan organ dalam. Ternyata, kandungan nutrisi di dalam bayam juga bagus untuk indera penglihatan kita. Bawang mengandung vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang berperan penting untuk kesehatan mata.

5.      Telur Ayam

Telur yang sering kamu konsumsi, ternyata memiliki kandungan yang penting juga untuk kesehatan mata. Kandungan dalam telur yang bagus untuk mata seperti vitamin A, lutein, vitamin D, zinc,  B12, dan cysteine.

6.      Daging Salmon

Jika kamu bosan dengan buah dan sayuran, bisa mengganti menu makanan sehat untuk mata dengan memilih daging. Salah satu jenis daging yang bagus untuk kesehatan mata adalah daging salmon. Pasalnya, salmon memiliki kandungan omega-3 yang tergolong tinggi. Kandungan tersebut, bagus untuk gangguan mata kering.

7.      Cemilan Biji Bunga Matahari

Pernah dengar cemilan kuaci dari biji bunga matahari? Ternyata, cemilan yang disukai banyak orang ini, memiliki kandungan yang tak kalah bagus untuk mata. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, selenium, dan zinc. Kandungan-kandungan tersebut, bagus untuk mencegah degenerasi makula dan pencegahan katarak.

8.      Bawang Putih

Selain makanan, bawang putih yang sering dijadikan bumbu juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih kaya akan vitamin C, vitamin B2, glutathione, dan quercetin.  Kandungan-kandungan tersebut, bagus untuk melindungi lensa mata kita dari paparan sinar UV yang berbahaya.

9.      Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang bagus untuk mata. Pasalnya, tomat memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan lycopene yang tinggi. Tiga kandungan nutrisi tersebut, sangat bagus untuk kesehatan mata. Mulai dari sekarang, rutinlah mengonsumsi tomat agar mata tetap sehat.

10.  Cokelat Hitam

Dark chocolate, atau yang dikenal dengan sebutan lokal coklat hitam, ternyata bagus juga untuk mata. Pasalnya, cokelat ini memiliki kandungan flavonoid yang bagus untuk melindungi pembuluh darah yang terletak di bagian mata. Nutrisi tersebut juga mampu memperkuat retina dan juga kornea mata kita.

10 makanan sehat untuk mata di atas, bisa kamu konsumsi setiap hari. Agar tidak bosan, kami bisa mengganti-ganti menunya. Silahkan pilih makanan mana yang paling kamu sukai. Lindungi kesehatan mata sejak dini dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi.