cara menyembuhkan alergi

5 Cara Menyembuhkan Alergi Berdasarkan Penyebabnya

Posted by

Bayi atau anak-anak rentan mengalami alergi karena sistem imun atau pertahanan tubuh mereka masih belum sempurna. Reaksi alergi juga berbeda-beda seperti bersin, kulit menjadi kemerahan atau bahkan gatak-gatal. Tanda tersebut hasil dari reaksi imun yang berlebihan terhadap alergen. Jika si Kecil mengalami alergi sebaiknya Anda tidak perlu khawatir karena dapat diobati. Cara menyembuhkan alergi yaitu terlebih dahulu mengetahui penyebab alergi tersebut. Alergi bisa disebabkan oleh makanan, zat kimia, hewan atau bahkan faktor genetic.

Cara Mengatasi Alergi

Terdapat 5 jenis alergi yang kerap dialami oleh bayi dan anak-anak. Dengan mengetahui kelima jenis alergi tersebut maka Anda akan lebih mudah memberikan penanganan yang tepat untuk si Kecil. Berikut merupakan kelima jenis alergi beserta cara mengatasinya.

cara menyembuhkan alergi
cara menyembuhkan alergi

Alergi Makanan

Makanan menjadi penyebab alergi yang cukup sering ditemui khususnya pada anak-anak. Mereka yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu akan menunjukkan reaksi seperti sakit perut, muntah atau bahkan mengalami rasa gatal pada bagian mulut. 

Makanan laut seperti kerang, udang dan lain-lain biasanya paling sering menyebabkan alergi. Bahan makanan lainnya yaitu kacang, susu dan telur. Oleh sebab itu, jika si kecil mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas maka Anda dapat mengetahui penyebabnya.

Cara mengatasi alergi karena makanan yaitu dengan tidak memberikan makanan penyebab alergi tersebut. Bila perlu Anda dapat mencatat makanan yang membuat si Kecil alergi. Jika si kecil menunjukkan kondisi yang tidak kunjung membaik maka segera periksakan ke dokter.

Alergi Debu

Debu juga menjadi salah satu alergen pada si Kecil. Hal ini dikarenakan ukuran debu yang sangat kecil dan terdapat di semua tempat atau benda. Si Kecil dapat terpapar debu dari karpet, kursi atau bahkan mainan. Reaksi yang ditunjukkan karena alergi debu bisa berupa bersin-bersin, terdapat ruam kemerahan pada kulit bahkan disertai rasa gatal.

Agar si Kecil dapat terhindar dari paparan debu maka Anda harus rajin membersihkan setiap ruangan dan perabotan di dalam rumah. Pastikan pula Anda lebih membersihkan ruangan yang sering digunakan oleh si Kecil. Tungau merupakan hewan kecil yang biasa terdapat pada tumpukan debu. Hewan itu pulalah yang dapat menyebabkan rasa gatal.

Alergi Dingin

Cuaca yang sangat dingin juga dapat menyebabkan alergi. Si Kecil yang tidak tahan dengan paparan udara dingin dapat mengalami gatal-gatal, bengkak atau bahkan kulit memerah. 

Jika Anda mendapati si Kecil mengalai alergi dingin maka berikan si Kecil pakaian yang tebal agar tetap hangat. Anda juga dapat membalurkan minyak kayu putih atau minyak telon pada badan si Kecil. Selain itu, cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberikan makanan atau minuman yang dapat menghangatkan tubuh si Kecil.

Alergi Zat Kimia

Kulit si Kecil berbeda dengan kulit orang dewasa karena lebih tipis dan sensitif. Hal inilah yang membuat mereka mudah terkena alergi terutama zat kimia. Biasanya, zat kimia tersebut terdapat pada produk kebersihan yang digunakan yaitu sabun, sampo, detergen atau bahkan pewangi. 

Upaya pencegahan yang dapat anda lakukan yaitu memilih sabun yang sesuai untuk bayi. Selain itu, usahakan untuk memilih produk kebersihan non parfum karena aroma parfum tersebut dapat menyebabkan alergi. 

Alergi Hewan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah maka pastikan Anda menjaga kebersihan hewan tersebut. Bulu atau kotoran hewan tersebut dapat menyebabkan alergi pada si Kecil. Si Kecil bisa mengalami batu atau sesak nafas karena bulu tersebut. Agar si Kecil tumbuh sehat dan terhindar dari alergi maka sebaiknya dijauhkan dengan hewan peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *