Apa Sih Penyebab Karies Gigi pada Anak?

Apa Sih Penyebab Karies Gigi pada Anak?

Posted by

Tidak sedikit orang tua yang tidak asing lagi dengan istilah karies gigi. Adapun yang dimaksud dengan masalah gigi pada anak ini adalah gangguan kesehatan yang paling umum terjadi di dunia khususnya pada anak anak.

Dental caries merupakan kondisi di mana lapisan enamel mengalami kerusakan gigi yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Nah, sebagai orang tua bijak tentu harus sedini mungkin melakukan perawatan intensif agar tidak mengakibatkan dampak yang buruk. Termasuk mengetahui apa yang menjadi penyebab karies 

Hanya saja, sebelum memberikan pengobatan atau perawatan maka ada baiknya Mam harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini penting guna mencegah terjadinya hal yang sama dan berujung pada kerusakan gigi yang semakin parah.

Yang namanya anak pasti tidak bisa dipisahkan dari yang namanya gula. Nah, faktor inilah yang sering mengakibatkan gigi mengalami karies.

Adalah plak gigi yang hadir dikarenakan gigi tidak dibersihkan menjadi penyebabnya. Ditambah lagi, mengkonsumsi gula secara berlebihan pun menambah kerusakan gigi. Dengan demikian, sangat disarankan untuk membatasi anak dari mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Faktor kedua adalah tidak membersihkan gigi secara teratur. Setidaknya, ajarkan si Kecil untuk menyikat gigi dua kali sehari atau sebelum tidur.’

Hal ini penting agar sisa makanan dan minuman tidak menempel dimana kondisi inilah yang menjadi penyebab karies. 

Kebiasan lainnya adalah minum susu sebelum tidur. Kita tahu bahwa minum susu pada malam hari sangat dianjurkan agar nutrisi yang ada pada susu tersebut bisa bekerja maksimal.

Namun, jika tidak segera membersihkan gigi maka bisa saja akan muncul masalah baru yaitu terjadi karies. Untuk itu, Mom harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyajikan susu buat si Kecil.

Nah, beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas sebaiknya dihindarkan. Jika pun sudah terlanjur maka ada baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Biasanya, mereka akan melakukan perawatan secara intensif. Begitu juga peralatan yang digunakan pun memang sudah dirancang secara khusus untuk menangani masalah karies gigi pada anak.

Jadi, jangan ditunda lagi guna mendapatkan gigi yang bersih dan sehat apalagi sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab karies. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *