kuliah desain

Beberapa Pengetahuan dan Keterampilan dalam Kuliah Desain

Posted by

Menjadi seorang desainer merupakan hal yang menyenangkan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan dalam seni. Bahkan bidang desain dapat memberikan hiburan tersendiri bagi mereka. Jika kamu memiliki kemampuan dalam mendesain maka masuk kuliah desain merupakan pilihan tepat.

Biasanya orang-orang yang memiliki keterampilan seni ini memiliki hal lain dalam dirinya yang mendukung kemampuan dasar tersebut. Apa sajakah hal itu? Simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Pengetahuan dan Keterampilan  pada Jurusan Desain

Berikut pengetahuan dan keterampilan pada jurusan desain, antara lain :

  1. Keterampilan menggambar teknis

Hal dasar yang menjadi keterampilan dalam dunia desain adalah keterampilan dan kemampuan dalam menggambar teknis. Hal ini tentunya sesuai dengan jurusan dan program studi yang tersedia dalam perkuliahan desain.

Dengan keterampilan inilah, seseorang akan mampu menyalurkan ide pikirannya dalam bentuk desain yang nantinya juga akan diaplikasikan dalam kehidupan. 

kuliah desain
  1. Kreatif dan inovatif

Jiwa kreatif dan inovatif tentunya merupakan hal yang tidak bisa dijauhkan dari jurusan desain ini. Umumnya, keterampilan ini merupakan suatu hal murni dalam diri manusia.

Dalam hal ini, bukan berarti orang-orang yang tidak masuk dalam jurusan desain merupakan orang yang tidak memiliki daya kreativitas dan inovasi dalam hidupnya. Namun, kemampuan kreatif dan inovatif pada jurusan desain ini lebih mengarah pada kemampuan dalam menggambarkan sesuatu.

Sehingga tercipta sebuah desain baik itu desain terkait dengan bangunan, interior dan eksterior ruangan, fashion, atau jenis desain lainnya.

  1. Berpikir kritis

Masing-masing orang tentunya memiliki kemampuan dalam berpikir kritis. Namun, dalam dunia desain seseorang umumnya berpikir kritis mengenai suatu hal yang memiliki hubungan dengan desain yang dia buat sekaligus penerapan dari desain tersebut.

Cara berpikir desainer tentunya harus sesuai dengan realita yang ada. Sehingga desain yang dibuat dapat berguna dan memiliki nilai estetika.

  1. Kemampuan menganalisis

Menjadi seorang desainer tidak hanya mengandalkan kemampuannya dalam menggambar. Tetapi juga perlu analisis yang bagus mengenai data dan grafik yang telah ditentukan.

Data yang perlu dianalisis tersebut nantinya yang akan menjadi dasar bagi seseorang dalam membuat sebuah desain yang sesuai. Sehingga ketika kamu memilih kuliah desain maka kamu juga akan belajar mengenai analisis data.

Dan hasilnya akan kamu tuangkan dalam bentuk gambar atau kerangka gambar. Seperti halnya jurusan desain interior atau komunikasi visual yang memungkinkan untuk melakukan analisis data terlebih dahulu sebelum merancang desain dari suatu hal.

  1. Kemampuan problem solving

Problem solving tentunya berkaitan dengan kemampuan pemecah masalah yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini juga berperan penting bagi seorang desainer terutama yang berhubungan langsung dengan pembangunan.

Melalui desain yang dirancang maka seseorang harus mampu memberikan penyelesaian masalah sehingga desain tersebut memiliki nilai guna dan fungsi. 

  1. Teliti dan tekun

Ketelitian dan ketekunan merupakan dua hal yang dimiliki oleh seorang desainer. Dua aspek tersebut akan berhubungan dengan detail desain yang dibuat. Sehingga kedua hal ini dianggap penting untuk menciptakan desain yang tidak hanya memiliki nilai estetika tetapi juga memiliki nilai guna.

Uraian tersebut merupakan penjelasan dari pengetahuan dan keterampilan pada jurusan desain. Keterampilan dalam menggambar merupakan hal dasar bagi seseorang dalam memilih jurusan desain. Jika kamu memiliki kemampuan itu dan ingin masuk dalam dunia desain.

Kamu hanya perlu mengasah hal tersebut dan menambah ketekunan serta ketelitian dalam dirimu. Kamu juga bisa memilih kuliah desain di international design school (ids) yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar terkait dengan desain.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia kamu juga bisa memperdalam ilmu desain dari sekolah tersebut. selamat belajar dan sukses selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *