berbagi inspirasi tentang arsitektur

Berbagi Inspirasi Tentang Arsitektur Cara Membuat Rumah Minimalis

Posted by

Memiliki rumah dengan arsitektur impian adalah hal paling membahagiakan bagi semua pemilik rumah. Sayangnya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Dalam hal ini arsitektur memerankan penting dalam hal keindahan rumah, baru kemudian Anda bisa fokus ke furniture dan aksesoris rumah. Kali ini Kami akan berbagi inspirasi tentang arsitektur yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membangun rumah. 

Tips Membuat Rumah Kecil Tampak Lebih Besar dan Mewah 

Ekonomi menjadi kendala utama pemilik rumah yang ingin memiliki hunian elegan dan luas. Tapi sebenarnya, rumah dengan model minimalis dan area yang kecil belakangan lebih banyak digemari karena mudah dirawat dan Anda tidak perlu menghabiskan budget besar saat membangunnya. Hanya saja tantangan utama rumah seperti ini adalah desain arsitekturnya. 

Gabungkan Area Sekaligus 

Yang Kami maksudkan dengan menggabungkan dua area sekaligus adalah menjadikan dua area berbeda satu ruangan. Misalnya Anda bisa menggabungkan area ruang makan dengan dapur tapi tetap memberikan penataan yang membedakannya. Anda bisa mengakalinya dengan penataan ketinggian lantai di dua area, warna lantai, atau karpet saja kalau tidak memungkinkan agar kedua area ini tampak berbeda. 

berbagi inspirasi tentang arsitektur

Hubungkan Dengan Area Luar 

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungkan area dalam dengan luar. Misalnya Anda buat ruang makan yang terhubung dengan teras belakang rumah. Jadi lebih ke konsep “open dining table”. 

Selalu “Declutter”

Barang-barang sepele kadang justru membuat ruangan tampak penuh dan berantakan. Anda bisa membuat konsep ‘ship-building’ sebuah tempat yang didesain untuk banyak hal dengan meletakkan beberapa barang yang digunakan setiap hari di sana. 

Biarkan Cahaya Masuk 

Kalau Anda jeli, banyak sekali arsitektur rumah minimalis dan mewah yang membiarkan cahaya alami masuk. Kalau Anda sudah terlanjur tidak bisa membiarkan cahaya alami ini masuk di area ruang tamu atau kamar misalnya, Anda bisa meng-install jendela agar bisa mendapatkan cahaya alami. selain itu, memasang jendela membuat Anda lebih merasa nyaman karena rumah lebih segar akibat sirkulasi udara masuknya. 

Pakai Konsep “Different Textures in similar Tones”

Kalau dalam desain rumah Anda sering merasa stagnan dengan warna, cara yang paling jitu untuk memudahkan pekerjaan Anda adalah dengan menggunakan konsep tekstur berbeda dengan memasukannya dalam warna yang senada. 

Pilihan ruangan yang memiliki desain minimalis dan warna netral akan membuat ruangan ini terasa menyatu dan dingin. Tekstur akan membat ruangan jadi lebih menarik tampa membuat ruangan terkesan “tabrakan”. 

Berinvestasilah Dengan Furniture Serbaguna 

Kalau Anda lelah bersih-bersih, kini saatnya Anda mulai berinvestasi pada furniture yang multifungsi. Misalnya Anda memilih kursi dan meja yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang umumnya Anda kesulitan untuk menyembunyikanna. Nah, sekarang banyak sekali jenis furniture seperti ini yang bisa Anda manfaatkan.

Masukkan Elemen Alam 

Membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dan elegan cukup mudah dilakukan. Salah satu trik yang paling jitu adalah dengan membawa elemen alam ke dalam ruangan. Anda bisa membawa tanaman perdu atau tinggi sekalipun asalkan cocok dengan kondisi ruangan anda. Apa bila atap rumah Anda sangat tinggi, memilih tanaman yang menjulang tinggi ke atas adalah pilihan terbaik karena ini bisa jadi focal point. Begitu juga sebaliknya. 

Itulah tips singkat berbagi inspirasi tentang arsitektur ruangan Anda dan cara penataannya. Semoa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *