perkembangan anak usia dini
perkembangan anak usia dini

Disamping pertumbuhan fisik si Kecil, Mam juga harus memperhatikan perkembangannya. Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah perkembangan psikologi. Pengetahuan mengenai psikologi Mam butuhkan agar bisa memantau perkembangan mereka dengan baik dan memberikan perlakukan yang tepat. Pada proses perkembangan anak usia dini dari sisi psikologi, ada beberapa faktor yang berpengaruh di dalamnya. Berikut ini adalah keempat faktor yang perlu Mam ketahui:

Pola Asuh

Pola asuh merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Pasalnya karakter dan psikologi si Kecil dipengaruhi pola pengasuhan yang didapatkan. Sebagai contoh anak yang diasuh oleh orang tua disiplin juga akan memiliki pribadi teratur dan disiplin. Jadi pastikan memberikan pola asuh yang baik pada si Kecil dalam masa pertumbuhannya.

perkembangan anak usia dini
perkembangan anak usia dini

Interaksi Anak dengan Lingkungan

Selain berdasarkan pola asuh, perkembangan anak usia dini dari sisi psikologinya juga dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan. Mereka yang tumbuh di lingkungan baik pada umumnya akan memiliki karakter yang baik, begitu pun sebaliknya. Jadi Mam perlu mengawasi pergaulan si Kecil selama masa tumbuh kembangnya.

Perhatian Orang Tua

Perhatian dan kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa tumbuh kembangnya, apalagi dari sisi psikologi. Mam bisa memberikan perhatian dengan mengajak melakukan aktivitas bersama misalnya seperti bermain, olahraga, menemani belajar, dan lain sebagainya. Anak yang sering berkomunikasi dengan orang tua lebih mudah untuk menyampaikan perasaannya.

Trauma

Faktor terakhir yang berpengaruh pada perkembangan psikologi anak adalah trauma. Anak yang pernah mengalami trauma akan menghadapi masalah pada psikologinya. Pada umumnya perkembangan psikologi mereka akan terhambat. Mam dan Pap sebagai orang tua harus berusaha untuk menjaga mental dan psikologi si Kecil agar tetap stabil dalam masa tumbuh kembangnya.

Itulah beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini dari sisi psikologi. Berikan dukungan dan pahami kebutuhan psikologi si Kecil agar mereka tumbuh sebagai anak yang percaya diri. 

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.