jurusan sistem informasi

Mengenal Jurusan Sistem Informasi di Perguruan Tinggi Indonesia

Posted by

Perkembangan teknologi kini telah mendominasi kehidupan masyarakat. Hal ini juga mempengaruhi kebutuhan pasar saat ini. Hal ini juga yang membuat jurusan sistem informasi memiliki banyak peluang di dunia kerja. 

Kebutuhan lulusan sistem informasi di dunia kerja mulai meningkat sejak tahun 2014. hal tersebut berdampak pada kenaikan jumlah peminat jurusan tersebut pada perguruan tinggi. Akan sangat bagus jika kurikulum yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan real world project. Sehingga akan siap kerja setelah lulus.

Masih banyak pihak yang menganggap sistem informasi dan teknik informatika (TI) sama. Padahal meski sejenis, materi yang diajarkan berbeda. Untuk itu, yuk mengenal sistem informasi secara lebih mendalam.

Mengenal Jurusan Sistem Informasi di IDS College

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Sistem informasi merupakan jurusan yang menggabungkan antara teknologi informasi, manajemen, ekonomi, dan bisnis. Dengan begitu meski sama-sama ilmu komputer, namun cakupan jurusan ini lebih luas dibandingkan jurusan TI. Jika TI lebih pada programming, sistem informasi lebih kepada bisnis perusahaan. 

Hal itulah yang membuat banyak mata kuliah ekonomi pada jurusan ini. Sehingga sangat cocok jika bekerja pada perusahaan digital dan sejenisnya setelah lulus atau pada perusahaan yang ingin mengikuti trend bisnis sesuai dengan perkembangan teknologi.

Pembelajaran Dalam Kuliah Sistem Informasi

Penyelenggara pendidikan seharusnya menyesuaikan kurikulum dengan real world project. Dengan begitu setiap mahasiswa yang telah lulus mampu berkompeten di bidang sistem informasi. Berikut daftar pembelajaran yang dipelajari mahasiswa sistem informasi.

  1. Mata Kuliah Wajib

Pembelajaran ini biasanya diberikan di semester pertama saat kuliah apapun jurusan yang diambil. Pelajaran tersebut terdiri dari wawasan kebangsaan, matematika, pendidikan agama, dan bahasa. Hal ini dimaksudkan agar meningkatkan skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa agar memiliki critical thinking yang bagus, penguasaan minimal 2 bahasa, dan tutur kata yang santun. 

  1. Teknik Informatika

Sama dengan bagian TI mereka yang kuliah di bidang sistem informasi juga mempelajari coding. Namun, jika mahasiswa TI harus berhasil membuat aplikasi, sistem informasi lebih mudah. Mereka diajarkan untuk membuat coding yang ringan dan membedah coding dari suatu aplikasi.

Selain itu, mereka juga mendesain aplikasi atau website agar menarik dan mudah digunakan oleh masyarakat luas. Dengan alasan tersebut anak sistem informasi sangat melek teknologi dan selalu up to date dengan perkembangan trend yang berlangsung.

  1. Manajemen

Karena urusan ini berkaitan erat dengan ekonomi manajemen, maka ada mata kuliah mempelajari dasar-dasar manajemen seperti perencanaan, mengorganisasi, mengontrol, dan menjalankan sistem bisnis. 

Perencanaan bisnis yang dibuat biasanya juga tidak jauh dari bisnis yang menggunakan IT. Hal ini juga disesuaikan dengan kondisi nyata. Karena saat ini, sebagian besar pelaku bisnis harus mengikuti perkembangan zaman, maka sebagian besar melakukan pemasaran dengan media digital.

  1. Administrasi Bisnis

Mata kuliah bisnis pada sistem informasi tidak hanya administrasi bisnis, tergantung pada penyelenggara pendidikan. Administrasi bisnis ini mempelajari bagaimana mengelola suatu usaha agar dapat stabil dan terus berkembang, dan mampu memberikan keuntungan besar. Mengingat ruang lingkup dari bisnis itu sendiri sangat luas. Sehingga akan ada cukup banyak SKS yang berkaitan dengan ekonomi bisnis.

Bagaimana, kompleks bukan pembelajaran yang diajarkan dari jurusan sistem informasi? Kebutuhan tenaga sistem informasi saat ini terus meningkat. Sehingga tidak ada salahnya jika anda ikut memanfaatkan momentum tersebut. Dengan begitu diharapkan, anda mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bermanfaat bagi banyak pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *