engagement ring

Pentingnya Memilih Engagement yang Selaras dengan Pasangan

Posted by

Berbeda dengan cincin-cincin untuk kebutuhan sehari-hari, engagement ring adalah jenis cincin khusus. Bahkan, cincin tunangan, atau engagement, adalah perhiasan yang sakral di dalam prosesi tersebut. Itulah kenapa, pasangan yang berencana untuk bertunangan, harus memperhatikan cincin yang akan dipilihnya.

Bingung memilih cincin untuk tunangan? Atau, takut gagal saat membelinya? Jangan khawatir, di sini akan kami jelaskan tipsnya kepada Anda secara lengkap.

Kenapa Harus Memilih Cincin Khusus?

Pada dasarnya tidak ada kewajiban untuk memilih cincin khusus tunangan. Siapa pun bebas menentukan jenisnya, asalkan jenis cincin dari material emas asli. Namun, alangkah baiknya Anda memilih cincin khusus agar selaras dan berkesan. Karena, momen tunangan ini merupakan momen penting yang jarang terjadi dalam kehidupan seseorang.

Selain itu, cincin yang khas dan unik, juga akan membuatnya menjadi lebih berharga. Dengan begitu, pasangan tidak akan berniat untuk menjualnya karena keunikannya.

engagement ring
engagement ring

Tips Memilih Cincin Tunangan

Masih bingung bagaimana cara memilih cincin yang cocok untuk tunangan? Nah, berikut telah kami rangkum tipsnya untuk Anda:

1.  Perhatikan Keselarasan Cincin

Cincin tunangan biasanya sangat bagus jika memilih tipe cincin yang selaras. Keduanya memiliki desain yang pas dan sama namun beda ukuran. Biasanya, cincin laki-laki memiliki ukuran dan ketebalan yang lebih besar. Sedangkan cincin perempuan berukuran tipis, dan bermahkotakan berlian.

2.  Pilih Desain yang Cocok

Memilih desain tidak lepas dari selera masing-masing. Namun, jangan asal pilih, ya. Pastikan desainnya kekinian. Carilah referensi cincin tunangan di internet dengan model terkini. Ada banyak sekali desain yang bisa dipilih. Mulai dari bergaya kasual, elegan, hingga klasik tanpa mengabaikan konsep modern.

3.  Pastikan Ukuran Cincin Pas di Jari

Jangan hanya asal indah dan bagus saja. Cincin juga harus nyaman digunakan. Itulah kenapa, Anda harus memilih ukuran yang pas, baik untuk ukuran cincin pria, maupun ukuran untuk cincin wanita. Pasalnya, jika ukurannya kurang pas, cincin tidak akan nyaman pada saat digunakan.

4.  Pilih Material Emas dan Berlian Asli

Seperti yang sedikit disinggung di atas, cincin tunangan harusnya berjenis cincin emas berlian yang asli. Maka dari itu, pastikanlah keasliannya terlebih dahulu. Cek apakah material yang digunakannya dari emas kuning, putih, atau platinum, atau hanya sekedar material di bawah emas?

Pastikan juga berlian yang digunakan asli. Mintalah si penjual untuk membuktikan keasliannya. Untuk mengetahui keaslian berlian, bisa dilacak dengan menggunakan diamond selector yang biasanya disediakan di toko perhiasan. Atau, bisa juga melalui sertifikat berlian.

5.  Pilih Toko Perhiasan yang Tepat

Pastikan Anda membeli produk cincin tunangan dari toko perhiasan yang tepat. Karena, toko perhiasan yang kredibel hanya akan menjual produk cincin emas dan berlian asli. Selain kredibilitasnya terpercaya, mereka akan membuktikan keasliannya di hadapan Anda.

Pilih juga toko yang memiliki banyak penawaran koleksi cincin. Tujuannya agar Anda bisa memilih cincin yang cocok untuk kebutuhan tersebut tanpa harus mencarinya di tempat lain. Hal ini akan memangkas dan mengefisiensi waktu Anda saat mencarinya.

Kesimpulan

Cincin tunangan adalah perhiasan untuk momen penting dan sakral. Itulah kenapa, Anda harus memperhatikan beragam aspek sebelum memilihnya. Melalui tips di atas, kini Anda bisa memilih jenis cincin yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Demikian informasi seputar tips memilih engagement ring. Bagi yang masih bingung, saat ini Anda bisa memilih dan memesannya langsung di Mondial Jeweler. Karena, brand tersebut menawarkan banyak sekali pilihan cincin tunangan couple yang memesona