Gerakan tutup mulut pada bayi

Penyebab Gerakan Tutup Mulut pada Anak

Posted by

GTM atau gerakan tutup mulut merupakan salah satu ciri yang diberikan oleh seorang anak yang memiliki nafsu makan kurang baik. Orang tua yang memiliki anak yang memperlihatkan ciri tersebut perlu lebih memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang diterima oleh sekecil.

Seorang anak yang mengalami kesulitan saat makan tentunya akan mengalami kekurangan gizi dan nutrisi yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatannya. Para orang tua perlu mengetahui penyebab mengapa ada tanda-tanda Gerakan tutup mulut pada bayi dan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa menjadi faktor mengapa seorang anak memberikan tanda-tanda gerakan tutup mulut salah satunya adalah karena mengalami gangguan kesehatan. Gerakan tutup mulut pada bayi bisa saja disebabkan karena kondisi kesehatan bayi tersebut kurang baik. Beberapa penyakit seperti gangguan pencernaan atau diare, demam dan berbagai macam penyakit lainnya akan menyebabkan nafsu makan si kecil berkurang sehingga mereka memberikan sinyal untuk menutup mulut saat menerima makanan.

Gerakan tutup mulut pada bayi

Penyebab lainnya seorang anak beritanda gerakan tutup mulut salah satunya adalah appropriate feeding practice. Kondisi ini terjadi karena Ibu memberikan makanan kepada sesuai dengan usianya. Hal ini berlaku terutama untuk anak-anak yang berusia 6 bulan ke atas di mana mereka sudah mulai belajar makan makanan dengan tekstur yang lembut. Bunda perlu memberikan makanan dengan tekstur yang cocok dengan usianya agar mereka lebih mudah untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Kualitas makanan dan penyajian Alquran sesuai bisa menjadi penyebab lain mengapa timbulnya permasalahan Gerakan tutup mulut pada bayi. Bunda perlu berkreasi untuk membuat produk makanan yang sehat bergizi dan mampu menggugah selera makan si kecil sehingga mereka lebih bersemangat untuk menyantap makanan tersebut. Untuk mensiasati permasalahan tersebut Bunda bisa melakukan beberapa hal seperti menghindari memaksa bayi untuk makan. Paksaan akan membuat mereka tidak nyaman dengan kegiatan makanan sehingga akan lebih sulit untuk menyantap menu yang telah disajikan.

Kurangnya variasi menu makanan yang diberikan akan menghadirkan rasa bosan terhadap salah satu jenis makanan itu itu saja sehingga menyebabkan gerakan tutup mulut pada anak. Benda bisa memberikan makanan ringan atau cemilan yang sehat apabila sulit makan. Makanan ringan atau cemilan akan lebih mudah untuk dikonsumsi oleh anak-anak pastikan sembilan tersebut dibuat dan diolah sendiri sehingga kandungan nutrisi dan gizi masih tetap diperhatikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *