Saat seseorang sedang hamil ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya dihindari, hal ini untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin yang di kandungnya. Beberapa aktifitas berikut ini sebaiknya jangan dulu dikerjakan atau dihindari saat ibu sedang mengandung. Berikut ini 6 Aktifitas yang sebaiknya dihindari :

  1. Mengangkat benda terlalu berat

Aktifitas mengangkat barang-barang yang terlalu berat ini sangat beresiko untuk wanita hamil, apa lagi untuk yang memiliki masalah secara medis dalam kehamilan nya. Contohnya mengangkat ember dengan berisi air yang penuh, ini sebaiknya jangan dikerjakan oleh ibu hamil.

  1. Terlalu sering terpapar bahan kimia kuat

Maksudnya bagi para wanita yang sedang hamil jangan terlalu sering berhubungan dengan langsung dengan bahan-bahan yang mengandung bahan kimia yang kuat. Misalnya yang terdapat dalam pembersih kamar mandi, pembersih dapur dan cat. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering mengerjakan aktifitas yang menggunakan bahan-bahan tersebut, sebab itu sangat beresiko besar buat janin dan ibunya.

  1. Mengepel dengan tongkat

Mengepel adalah salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga, namin disaat hamil sebaiknya kegiatan ini lebih dikurangi apalagi mengepel menggunakan tongkat. Sebab hal ini dapat menimbulkan rasa linu panggul dan saraf siatik.

  1. Mengganti wadah tempat sampah

Menggantikan wadah tempat sampah harus dihindari oleh wanita yang sedang mengandung, mungkin sebagian orang merasa aneh. Namun ini memang harus dihindari oleh ibu hamil sebab anda beresiko tinggi terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah infeksi parasit yang ditularkan melalui feses kucing, selain berbahaya bagi anda ini sangat berbahaya untuk janin.

  1. Menyemprot serangga dengan pestisida

Aktifitas yang satu ini sebaiknya biarkan para suami atau anggota keluarga lainnya yang mengerjakannya, dan ibu hamil juga sebaiknya meninggalkan dulu ruangan yang akan disemprot oleh cairan pestisida pengusir serangga. Serta tidak boleh masuk ruangan yang baru disemprot oleh cairan tersebut, biarkan beberapa waktu ruangan tersebut.

  1. Berdiri di dapur terlalu lama

Kegiatan memasak memang menghabiskan waktu yang lama, dan biasanya para ibu melakukan nya di dapur dengan berdiri. Kegiatan berdiri yang memakan waktu berjam-jam ini sangat tidak baik bagi wanita hamil, karena akan menambah tekanan extra pada kaki dan punggung. Jadi sebaiknya jika memasak sebaiknya jangan terlalu lama berdiri lakukan sebagian kegiatan di dapur dengan duduk.

Itu lah beberapa aktifitas yang dianjurkan untuk dihindari, demi menjaga kesehatan janin dan ibu yang mengandungnya.