Panel Listrik Pabrik Beserta Komponennya

Panel listrik terdiri dari beberapa komponen listrik yang tersusun dalam sebuah papan kontrol yang bertujuan agar lebih mudah dalam menggunakan panel listrik. Panel listrik memiliki berbagai macam yaitu panel listrik rumah, panel listrik pabrik, panel listrik gedung, panel listrik apartemen dan juga panel listrik yang lainnya.

Selain itu juga anda penasaran dengan komponen-komponen yang tersusun dalam sebuah panel listrik, berikut ini merupakan berbagai komponen dari panel listrik, untuk komponen yang pertama yaitu MCB yang berfungsi sebagai switch pembatas arus, kemudian MCCB yang berfungsi sebagai pembatas arus yang memiliki daya yang lebih besar daripada MCB, selanjutnya GFCI yang berfungsi sebagai pemantau listrik yang lebih terperinci lagi sehingga apabila terjadi pengelupasan pada kabel akan segera di ketahui.

Selanjutnya komponen Grounding yang fungsi sebagai pengaman listrik, setelah itu ada CT yang berfungsi sebagai penurun arus pada box panel, CT merupakan komponen listrik yang terbuat dari baja yang memiliki bentuk seperti cincin. Selanjutnya ada Surge Arrest memiliki fungsi sebagai pengaman listrik dari sengatan listrik yang berlebihan, selain itu juga ada juga kontraktor yang memiliki fungsi sebagai saklar. Dan yang terakhir yaitu push botton yang memiliki fungsi sebagai pemisah dan juga penghubung instalasi listrik yang satu dengan instalasi listrik yang lainnya.

Jenis panel memiliki komponen dengan daya yang berbeda, hal tersebut disesuaikan dengan tempat panel listrik tersebut akan digunakan misalnya panel listrik rumah tidak sama dengan panel listrik pabrik, hal ini dikarenakan daya listrik yang dibutuhkan setiap gedung ataupun juga bangunan berbeda.

Misalnya untuk rumah, maka panel yang digunakan biasanya menggunakan daya listrik yang berbeda, karena biasanya rumah tidak terlalu banyak membutuhkan daya yang terlalu besar, berbeda dengan sebuah pabrik, apartemen, stadium dan juga yang lainnya. hal ini dikarenakan apabila di sebuah pabrik atau pun juga tempat industri lainnya menggunakan mesin yang membutuhkan daya listrik yang besar.

Sekarang ini anda tidak perlu khawatir lagi ketika anda akan memilih panel listrik untuk pabrik ataupun yang lainnya, anda bisa mendapatkan panel listrik dengan kualitas internasional yaitu panel listrik Egatek.