gula untuk tubuh

Glukosa merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Glukosa ini biasanya diperoleh dari asupan sumber makanan yang kita konsumsi. Meski sangat dibutuhkan oleh tubuh, glukosa juga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih, mengingat asupan glukosa yang berlebih juga akan memicu terjadinya penyakit diabetes. Berikut ini ada beberapa manfaat dari gula darah (glukosa) bagi tubuh yang harus anda simak :

  1. Sebagai sumber energi untuk tubuh.
    Secara biologis, glukosa merupakan suatu zat yang nantinya diolah oleh pangkreas untuk dirubah menjadi energi. Energi inilah yang nantinya akan disalurkan menuju semua organ-organ penting bagi tubuh. Selain sebagai sumber energi, glukosa ini juga sangat berperan besar untuk membantu pertumbuhan seluruh bagian tubuh dan membantu proses penyembuhan apabila ada luka.
  2. Meningkatkan tekanan darah.
    Tekanan darah rendah merupakan suatu penyakit yang biasanya disebabkan karena kurangnya asupan glukosa pada darah. Kejadian ini akan membuat melemahnya kinerja darah untuk menyuplai oksigen keseluruh tubuh, sehingga terjadilah penyakit darah rendah. Untuk itulah bagi anda yang saat mengalami penyakit darah rendah, penuhilah asupan glukosa dalam tubuh anda.
  3. Membantu proses metabolisme tubuh.
    Selain sebagai sumber energi untuk semua jaringan tubuh, glukosa ternyata juga berperan besar untuk membantu sistem metabolisme tubuh kita. Untuk itulah bagi anda yang selama ini mengalami masalah kesehatan seperti sembelit, selain anda harus menjaga asupan vitamin, mineral, dan serat, anda juga harus memperhatikan asupan glukosa dalam tubuh.
  4. Meningkatkan fungsi otak.
    Jaringan otak manusia juga sangat tergantung akan suplai oksigen yang dihasilkan oleh peredaran darah yang sempurna. Seperti halnya dengan organ-organ lain, peredaran darah menuju jaringan saraf otak juga memerlukan asupan glukosa yang seimbang untuk mengoptimalkan kinerja darah menuju jaringan-jaringan otak manusia.

Meski gula atau glukosa sangat berperan besar untuk tubuh kita, namun hendaknya anda tetap mengkonsumsinya dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sesuai yang kita ketahui, mengkonsumsi gula secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan karena akan memicu adanya penyakit diabetes atau kencing manis. Agar itu tidak terjadi, sebaiknya gunakan produk pemanis yang alami dan rendah kalori agar anda terjauh dari penyakit yang bisa menyerang anda.