Hosting Murah
Hosting MurahJasa Penyedia Penyimpanan Data

Jika Anda hendak membuat website sendiri untuk bisnis dan tidak lagi memanfaatkan blog gratisan, ada dua hal penting yang harus Anda ketahui dalam pembuatannya, yaitu domain dan hosting. Domain adalah alamat website, yang harus pengunjung tuliskan di address bar supaya bisa mengaksesnya. Sementara hosting adalah tempat di mana data-data website Anda disimpan. Tarifnya, baik hosting murah atau mahal, mengindikasikan kualitas yang akan didapat.

Ketika ditawarkan hosting dengan harga murah, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

  • Disk space

Kapasitas untuk penyimpanan data. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak data untuk website yang bisa disimpan.

  • Bandwidth

Merupakan kapasitas untuk transfer data yang dijatahkan per bulan oleh penyedia hosting. Jika Anda hanya punya bandwidth terbatas, website tidak bisa diakses jika over-capacity.

  • CPU

Penyedia hosting harus mempunyai CPU yang kuat untuk bisa memproses ketika pengunjung datang ke website yang mereka host. Jika tidak cukup kuat, maka website akan lambat dibuka.

  • Tipe hosting

Ada 4 tipe yang bisa Anda pilih, yaitu Shared Hosting, Private Virtual Server, Dedicated, dan Cloud.

Tentang tipe-tipe hosting tersebut, berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Shared

Website Anda ditempatkan di server yang sama dengan beberapa website lain, dan saling berbagi RAM serta CPU. Harganya paling murah, namun paling lambat dan beresiko.

  • PVS

Cocok jika pengunjung di situs Anda banyak, karena kapasitasnya besar dan bisa dikonfigurasi spesifik.

  • Dedicated

Satu server khusus yang didedikasikan untuk Anda gunakan sendiri secara pribadi. Aman, cepat, namun sangat mahal.

  • Cloud

Layanan hosting ini tidak hanya tersambung dengan 1 server saja, tapi banyak server sekaligus. Kinerja lebih praktis, efisien, dan ketika satu server down, server lain langsung menggantikan.

Pastikan bahwa Anda telah mengerti tentang hosting ini ketika akan membuat website, sehingga Anda bisa memilih tempat hosting murah yang bagus dan berkualitas. Lihatlah dahulu statistik pengunjung Anda pada saat ini. Jika pengunjung masih sedikit, maka hosting dengan kapasitas disk yang banyak pun percuma. Nanti ketika Anda sudah semakin berkembang, barulah Anda lakukan upgrade.