kpr,kredit kepemilikan rumah

Bagi anda yang ingin mengajukan kredit ke bank untuk melakukan pembayaran rumah, anda bisa mengajukan KPR atau kredit pemilikan rumah. Cara ini jauh lebih murah dari pada anda menggunakan kredit biasa yang bunganya lebih tinggi dan waktu pelunasan yang jauh leih terbatas. Kalau pengajuan KPR anda bisa memilih jangka waktu pembayaran 10 tahun. Lalu, apa saja tips yang bisa anda lakukan untuk melancarkan proses pengajuan KPR ke bank yang anda pilih?

  1. Apabila anda juga memiliki kredit di bank lain, pastikan anda melakukan pembayaran dengan lancar.

Meskipun anda memiliki kredit di bank lain, data anda tetap akan terbaca oleh bank yang anda pilih untuk mengajukan KPR. Pastikan anda memiliki track record yang baik dalam membayar cicilan tapat waktu. Kalau anda sudah terkena kartu merah atau blacklist, maka anda harus berbesar hati menerima penolakan dari bank saat pengajuan KPR.

  1. Hitunglah besar gaji anda apakah memenuhi syarat atau tidak untuk mengangsur.

Biaya angsuran Kredit Pemilikan Rumah yang diberikan oleh bank setiap bulannya maksimal hanya 30%. Apabila besarnya satu kali angsuran lebih banyak dari 30% gaji anda, maka bank biasanya akan menolak karena untuk menghindari terjadinya kredit macet akibat nasabah keberatan dengan besarnya angsuran.

  1. Pastikan syarat-syarat yang dibutuhkan lengkap.

Syarat tersebut biasanya meliputi identitas lengkap dari pemohon seperti FC KTP suami istri, FC KK, FC buku nikah, foto terbaru, dan surat keterangan sehat. Siapkan juga rekap penghasilan baik yang berpenghasilan tetap maupun tidak seperti wiraswasta, serta berkas yang akan digunakan sebagai jaminan yaitu sertifikat tanah anda. Siapkan juga foto kopi surat Izin Mendirikan Bangunan. Kalau semua syarat sudah lengkap, lakukanlah pendaftaran ke bank, dan ikuti prosesnya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat berencana mengajukan KPR di bank. Jangan lupa untuk memilih bank yang terpercaya, rendah bunga, mudah, dan cepat. Bank BTN akan menjawab semua keinginan anda jika ingin melakukan kredit pemilikan rumah subsidi. Demikan info dari kami, semoga bermanfaat.