Cara Melatih Anak Cepat Bicara

0
44
cara mengajari anak bicara

Berbicara adalah suatu kewajiban yang memang harus dimiliki oleh setiap manusia sejak dimulai dari anak – anak. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana melatih anak berbicara melalui komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu aspek yang paling penting dan wajib dimiliki oleh setiap anak, apalagi komunikasi cerdas yang membuat ia cepat tanggap.

Tanpa disadari bahwa melalui komunikasi ternyata anak dapat memperluas kosa kata dan mengembangkan daya penerimaan apa yang ia dengar serta memperkuat daya ingatnya. Oleh karena itu, bayi yang berusia 4-6 bulan biasanya sudah mengeluarkan suara mesti orang tua belum memahaminya.  

cara mengajari anak bicara

Memiliki anak yang sempurna dengan perkembangan yang optimal, sehat, cerdas merupakan dambaan semua orang tua. Oleh karena itu perlu pelatihan sejak kecil, dan orang tua harus mengetahui cara mengajari anak bicara.

Berikut cara melatih anak agar cepat berbicara sesuai perkembangan usianya.

Rangsangan berbicara melalui komunikasi ibu.

Bagaimanapun peran ibu tidak bisa dipisahkan dari anak, apalagi bayi sejak usia 0 hingga 12 bulan, bayi butuh pengenalan suara dari ibunya. Oleh karena itu, untuk membuat anak ibu cepat tanggap dalam berbicara maka ada baiknya orang tua selalu mengajak si kecil berinteraksi, berbicara dan komunikasi, dimanapun, kapanpun termasuk sedang menyusui.

Melatih berbicara anak melalui belajar yang menyenangkan

Melatih berbicara anak memang mempunyai banyak metode, sehingga kita sebagai orangtua mesti mengenal bagaimana cara mengajari anak bicara dengan tepat. Oleh karena itu ibu bisa mencoba metode melatih bicara anak melalui kegiatan seperti menyanyikan lagu, membacakan cerita, dongeng, fable dan lain sebagainya, namun biasanya metode ini harus diterapkan kepada anak yang memang mulai tumbuh kembang di saat usianya 1 tahun ke atas atau anak yang sudah mengerti bahasa.

Nutrisi dan makanan untuk otak anak

Agar anak cepat tanggap dalam berbicara tentunya ada salah satu factor penting yang sangat mendukung perkembangan bicara, otak hingga tubuhnya yaitu nutrisi, dan nutrisi tersebut bisa ia dapatkan dari beberapa sumber seperti makanan, minuman, buah, sayur termasuk susu. Selain ASI, susu yang mendukung perkembangan dan membantu proses belajar anak adalah susu Dancow untuk anak.

Itulah cara mengajari anak bicara sesuai dengan perkembangan usianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here