Formula Sabun Cair Cuci Piring yang Berkualitas

Formula Sabun Cair Cuci Piring yang Berkualitas – Akhir-akhir ini sebagian besar orang lebih banyak menggunakan sabun cair untuk mencuci piring dibandingkan dengan sabun colek. Karena sabun cuci cair terbukti memberikan hasil yang lebih memuaskan. Kotoran dan lemak dalam piring maupun peralatan makan bisa dibersihkan secara maksimal. Sabun cair untuk cuci piring saat ini yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah Sunlight. Selain ekonomis, Sunlight juga bisa diandalkan untuk membersihkan piring dan alat-alat makan. Hasilnya bersih dan tidak meninggalkan bau amis. Formula sabun cair cuci piring sekelas Sunlight bisa dibuat sendiri dengan mudah.

Formula Sabun Cair Cuci Piring yang Berkualitas

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain Texapon 18 kg, Camperlan secukupnya, foam booster 2 liter, parfum, pewarna dan fisiatif secukupnya, sodium sulfat 9 kg dan secukupnya, EDTA 1,1% (pengawet), air 180 liter. Seluruh bahan ini bisa menghasilkan sabun cair cuci piring sebanyak 215 liter.

Baca juga : Manfaat Coklat sebagai Masker Wajah

Agar bisa membuat sabun cuci piring yang berkualitas baik, maka harus diperhatikan sifat-sifat dari bahannya. Texapon merupakan merk dari Sodium Lauril Sulfat (SLS) dan berbentuk seperti jel. Berguna untuk mengangkat kotoran dan lemak pada alat makan. Sedangkan Camperlan bentuknya cairan kental dan berfungsi mengentalkan sabun dan menambah busa sabun cair. Sodium sulfat berbentuk serbuk dan juga berguna untuk mengentalkan sabun. Sodium sulfat dapat mengangkat kotoran dengan cepat. EDTA berbentuk serbuk dan berfungsi mengawetkan sabun cair. Parfum dan fiksatif, keduanya memiliki wujud cair dan fiksatif fungsinya mengikat parfum sedangkan parfum memberikan aroma harum pada sabun. Sabun cair cuci juga perlu  ditambahkan pewarna, tentu saja untuk memberikan warna pada sabun cair.

Cara pembuatanya yaitu langkah pertama dengan mencampurkan texapon dan sodium sulfat secara merata kemudian diaduk sampai putih, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mencapai 90 liter, lalu masukkan camperlan dan aduk sampai rata, sisa air dimasukkan lagi sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan sodium sulfat sampai terlihat mengental, berikan lagi pewarna lalu aduk sampai rata, tambahkan parfum dan kemas. Sabun cair cuci piring siap digunakan.