Fungsi Keluarga Untuk Pengendalian Sosial

Fungsi Keluarga Untuk Pengendalian Sosial – Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai sarana pengendalian sosial di dalam keluarga. Karena salah satu fungsi keluarga adalah sebagai pendidikan, maka keluarga dapat juga melakukan pengendalian sosial. Pegendalian sosial dengan pendidikan dari keluarga pastinya sangatlah berbeda dengan pengendalian sosial dengan alat yang lainnya. Pengendalian sosial dikeluarga hanya berlaku untuk keluarga itu sendiri karena setiap keluarga mempunyai kewenangan sendiri-sendiri terhadap anggota keluarganya. Kecuali saat suatu keluarga meminta bantuan keluarga yang lain untuk menyelesaikan masalah yang ada di keluarga tersebut makan pengendalian sosial yang ada di satu keluarga akan berlaku juga di keluarga yang lain.

Fungsi Keluarga Untuk Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial di keluarga dilakukan secara persuasif, misal keluarga akan mengajarkan anak tentang nilai-nilai sosial yang berlaku didalam masyarakat dan juga bisa dilakukan secara preventif yang artinya setiap upaya yang dilakukan oleh keluarga dimaksudkan untuk terhindarnya dari pelanggaran sosial yang ada di lingkungan masyarakat yang bisa dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Biasanya fungsi keluarga sebgai pengendalian sosila dilakukan oleh orang tua terhadap anak mereka, namun bisa juga dilakukan oleh anak terhadpt orang tua ynag dinilai sudah atau akan melakukan pelanggaran norma yang berlaku dilingkungan. Karena pada hakikatnya keluarga adalah kesatuan sosial yang tidak bisa dipisahkan dari anggota keluarga satu dengan anggota keluarga yang lainnya.

Untuk itu perlu adanya kesatuan pemikiran antara orang tua bagaimana cara melakukan pengendalian sosial yang baik dlakuka oleh keluarganya. Orang tua bisa berdiskusi untuk menentukan norma yang diajarkan dan diberlakukan di lingkungan rumah yang nantinya akan diberitahukan kepada anak norma-norma yang disepakati. Orang tua bisa berdiskusi dengan santai sembari menghangatkan kebersamaan keluarga dengan menikmati teh dari Sariwagi. Minuman teh memang sudah diminum oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dan Sariwangi inilah yang telah dipercaya puluhan taun menemani keluarga Indonesia. Dengan tagline mari bicara, membuat Sariwangi semakin dipercaya untuk menghangatkan hubungan diantara anggota keluarga agar fungsi keluarga sebagai pegendali sosial bisa berjalan dengan lancar.