perkembangan janin dari minggu ke minggu
perkembangan janin dari minggu ke minggu

Terkadang ibu hamil di usia kandungan trimester pertama sering mengalami kekurangan nutrisi karena kondisi mual muntah atau morning sickness. Khusus untuk perkembangan janin dari minggu ke minggu pada usia kandungan trimester pertama ada beberapa nutrisi yang sebenarnya harus terpenuhi, karena  usia kandungan ini merupakan fondasi bagi pertumbuhan kandungan di usia-usia selanjutnya. Berikut makanan yang dibutuhkan ibu hamil pada usia kandungan trimester pertama.

  • Sayuran Hijau

Bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness, mengkonsumsi sayuran hijau selain baik untuk menutrisi janin pada kandungan juga dapat mengurangi rasa mual muntah. Selain itu juga kandungan zat besi yang ada pada sayuran tersebut dapat mengurangi gejala anemia karena dapat meningkatkan Hb.

  • Buah-buahan Segar

mengkonsumsi buah segar sangatlah baik untuk ibu hamil muda, karena kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi gejala sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil di usia kandungan satu hingga tiga bulan.

  • Susu

Susu sangatlah dibutuhkan untuk orang pada biasanya, apalagi untuk ibu hamil yang di dalam perutnya terdapat janin yang sedang berkembang. Maka dari itu, para tenaga medis seperti bidan atau dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil yang mengalami morning sickness untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil yang biasanya tinggi akan asam folat dan vitamin B complex.

  • Ikan Laut

Ikan laut terkenal dengan tingginya kandungan omega 3 dan protein yang baik untuk kecerdasan Intellectual Question (IQ). Hal ini pasti sangat di inginkan oleh para orang tua, karena akan sangat membanggakan jika memiliki keturunan yang tidak hanya baik secara karakter tetapi juga memiliki kecerdasan intelektual yang baik.

  • Kacang-kacangan

Adapun makanan yang baik untuk ibu hamil adalah kacang-kacangan meskipun tidak semua kacang-kacangan baik untuk ibu hamil. Berikut jenis kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil pada trimester pertama yaitu, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah. Kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik ibu hamil. Tetaplah jaga perkembangan janin dari minggu ke minggu meski dalam keadaan atau kondisi morning sickness.