Pemilihan KPR – Fixed atau Floating Rate?

Cari properti dan rumah subsidi di bank BTN – Umumnya pada bank – bank konvesional terdapat dua jenis mekanisme dalam melakukan kredit pemilikan rumah atau KPR. Pertama yaitu bank memberikan penawaran langsung KPR dengan bunga floating atau naik turun sesuai dengan suku bunga yang sesuai dengan acuan yang berlaku. Kedua yaitu KPR menawarkan bunga fixed atau tetap di awal tahun.

Sebagai nasabah anda sebaiknya tidak  mudah tergiur dengan penawaran – penawaran menarik dari pihak bank. Hal ini semata – mata untuk menghindari kerugian yang besar dan anda harus cermat sejak dari awal dalam mengajukan KPR untuk menghindari penyesalan yang mungkin akan terjadi dikemudian hari. Dalam mencari rumah subsidi, terdapat hal – hal yang perlu untuk dicermati sebelum memutuskan menggunakan jasa KPR.

Pemilihan KPR fixed atau floating, bnyak yang menyarankan untuk memilih bunga floating daripada fixed. Hal tersebut dikarenakan sangat banyak bank konvensional yang memberlakukan bunga fixed, menaikkan bunga saat masa floating jauh diatas suku bunga yang berlaku di pasaran. Hal ini tentunya akan membuat anda menjadi kaget saat setelah memasuki masa bunga floating tagihan KPR anda akan membengkak secara drastis. Kebanyakan penyebab kredit KPR menjadi macet adalah ketidak mampuan nasabah untuk membayar tagihan KPR setelah memasuki masa floating. Jadi ada baiknya untuk mewaspadai jenis KPR fixed ini dan teliti secara detail kontrak KPR anda sebelum memutuskan untuk menggunakan produk KPR pada bank.

Kelebihan dari bank BTN yang memberikan penawaran KPR bunga floating dibandingkan dengan menggunakan KPR bunga fixed yang hanya selama beberapa tahun yaitu secara histori, mereka tidak pernah memberlakukan bunga jauh diatas suku bunga acuan rata – rata. Apabila dibandingkan dengan bank yang menerapkan bunga fixed, fluktuasi yang mereka terapkan justru lebih rasional dan lebih sedikit. Untuk itu bagi anda calon nasabah ada baiknya tidak mudah tergiur akan gencaran promo – promo bunga rendah dari bank. Perhatikan selalu sistem perhitungan bunga yang berlaku pada setiap bank.

Website terkait yang memuat konten seputar KPR dan jual beli rumah KPR : https://www.btnproperti.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.